banner 728x250

Kualitas Air Sungai Remu Digolongkan Tercemar Berat

banner 120x600
banner 468x60

banner 325x300

IMG_1288

Lensapapua– Berdasarkan survei yang dilakukan oleh tim peneliti dari Unipa Manokwari terhadap kualitas air di Sungai Remu Kota Sorong, khususnya pada beberapa titik tertentu  di bagian hilir, sudah digolongkan  tercemar berat, kata Kepala Laboratorium Biologi Unipa Manokwari, Jackson Victor Morin, Rabu (23/10).

Lokasi yang tercemar berat  khususnya di kawasan HBM, jembatan Polres dan satunya lagi berada di sekitar kawasan jalan baru.

Sekitar  50 persen dari hasil analisis itu, ada  20 parameter dari 50 persen sudah melampaui ambang baku mutu. Untuk itu, alangkah baiknya di sepanjang sungai tersebut ditanami pohon-pohon yang mempunyai  daya tahan terhadap tanah sehingga tidak terjadi erosi, seperti bambu dan beberapa jenis tanaman lainnya.

Jika dibanding dengan Sungai Kohoin Sorong Selatan kualitas airnya tergolong baik, tapi yang menjadi salah satu perhatian khusus, yaitu daerah yang mempunyai  beberapa titik sampel yang dinamai 56 pada Hotel Nusa Indah Teminabuan terdapat bakteri ecolin.

Ecolin   merupakan bakteri yang akan mengganggu terhadap pencernaan. Mengapa demikian terjadi, karena dari pengamatan yang dilakukan tim peneliti di mana di sekitar kawasan tersebut terdapat kandang-kandang babi yang diletakkan di air terjun. Termasuk pembuangan sampah organik dan anorganik yang masuk pada parameter lingkungan dilakukan secara khusus di area tersebut.Ujarnya.

Di dalam kandungan air yang ada di Sungai Remu  ada zat besi yang nilainya lebih tinggi dari standar baku mutu, di mana ada dua faktor utama sebagai penentu baku mutu. Pertama bisa saja dari domestik, home industry, limbah dari bengkel  berupa olie yang langsung dibuang ke sungai tersebut.

Kedua, struktur geologi Sungai Remu  ada unsur logam yang sudah ada pada bagian dalam aliran sungai merupakan faktor terjadinya pencemaran.Pungkasnya.  (Rim/Red)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.