Berita  

Lanal Biak Laksanakan Pelatihan Ketahanan Pangan Budidaya Vanili & Jagung

Lanal Biak Laksanakan Pelatihan Ketahanan Pangan Budidaya Vanili & Jagung

banner 120x600
banner 468x60

Lensapapua, Biak – Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Biak melaksanakan pelatihan ketahanan pangan bagi masyarakat kawasan pesisir di Kabupaten Biak Numfor, kegiatan ini berlangsung selama 2 hari di Gedung Hangtuah Lanal Biak.

banner 325x300

Dalam kesempatan ini, Komandan Lanal Biak Kolonel Marinir Carlos R Deda mengajak masyarakat pesisir Biak untuk mengelola potensi kemaritiman bidang pertanian seperti yang sudah dikerjakan dihalaman Lanal Biak yaitu budi daya vanili dan jagung.

“Kami harap melalui pelatihan ini para peserta dapat menjadi pioneer yang mampu menyalurkan ilmu yang diterima selama pelatihan di wilayah masing – masing sehingga hasil tanaman yang diperoleh dapat meningkat dan bisa meningkatkan kesejahterahan masyarakat,”ujarnya kepada media, Kamis (13/07/2023).

Sementara itu, Kepala Dinas Potensi Maritime Angkatan Laut Laksamana Pertama TNI Dr. Suradi Agung Slamet, S.T., S.Sos., M.M. mengatakan bahwa budi daya tanaman vanili dan jagung ini juga selain untuk peningkatan ketahanan pangan, tingkat kesejahteraan masyarakat, tetapi juga bagi prajurit TNI itu sendiri.

“Diharapkan dengan adanya budidaya vanili dan jagung yang dikembangkan untuk masyarakat pesisir dapat memberikan tambahan pendapatan ekonomi bagi keluarga maupun prajurit Lanal Biak,”ucapnya

Ia juga memberikan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh peserta pelatihan yang telah berpartisipasi mengikuti pelatihan budidaya tanaman jenis vanili dan jagung sehingga bisa bermanfaat dan nanti bisa diterapkan oleh masing-masing peserta sehingga hasil yang diperoleh bisa meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Untuk dapat mengolah tanaman vanili, jajaran Lanal Biak bersama dinas Potensi Maritim Angkatan Laut telah memberikan pelatihan pengolahan kepada 75 warga pesisir pulau Biak, anggota Polri dan TNI serta petani setempat, dengan harapan hasil pelatihan ini bisa diimplementasikan lagi oleh para peserta pelatihan ini,”ungkapnya.

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.