Berita  

Disbudpar Papua Lakukan Pelatihan Bagi Pelaku Usaha Pariwisata di Biak 

Disbudpar Papua Lakukan Pelatihan Bagi Pelaku Usaha Pariwisata di Biak 

banner 120x600
banner 468x60
Kepala Bidang Pariwisata, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Papua, Naparyoman S.Tr, MSi

Lensapapua, Biak – Pemerintah Provinsi Papua melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Papua melaksanakan Kegiatan Pelatihan dan Penguatan Bagi Pelaku Usaha Pariwisata di Kabupaten Biak Numfor selama 3 hari sejak 8 – 10 Juli 2024, berlangsung di Aula Hotel Mapia Biak.

Kepala Bidang Pariwisata, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Papua, Naparyoman S.Tr, MSi mengatakan kegiatan yang sama akan dilaksanakan juga di berbagai daerah lainnya di wilayah Provinsi Papua dan Kabupaten Biak Numfor menjadi daerah pertama dilaksanakannya pelatihan ini.

banner 325x300

“Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan dan membuka peluang usaha bagi masyarakat setempat sekitar desa wisata sehingga membuka kesempatan kerja lebih baik dan dapat meningkatkan kunjungan tujuan wisatawan,” Ujarnya kepada Media usai Penutupan Kegiatan Pelatihan, Rabu (10/07/2024).

Melibatkan desa wisata yang ada di Biak, yang telah didorong oleh Dinas Pariwisata Provinsi Papua dan mendapatkan anugerah desa wisata tahun 2023 lalu, diantaranya Desa Wisata Urfu, Desa Wisata Binsari atau Goa Jepang, Desa Wisata Adoki, Desa Wisata Padaidori, Desa Wisata Sareidi, dan lain-lain.

“Kami berikan berbagai fasilitas sesuai dengan kebutuhan masing-masing untuk pengembangan pariwisata disitu, kami juga membantu membangun sarana dan prasarana yang dibutuhkan serta memberikan berbagai pelatihan dan dukungan – dukungan lainnya,” ungkapnya.

Kepala Dinas Pariwisata Biak Numfor, Turbey O. Dangeubun, S.PI., M.Si

Sementara, Kepala Dinas Pariwisata Biak Numfor, Turbey O. Dangeubun, S.PI., M.Si berharap para pengelola usaha di destinasi wisata di Biak bisa menerapkan apa yang sudah disampaikan melalui pelatihan ini serta manfaatkan fasilitas yang diberikan sehingga pengembangan wisata yang ada mampu berjalan dengan maksimal.

“Pelatihan bagi pelaku usaha pariwisata ini penting sekali karena pariwisata harus digerakkan dengan sumber daya manusia yang baik dan mumpuni supaya bisa mengelola usaha dan jasa pariwisata sehingga bisa berdampak ekonomi dan kesejahteraan bagi pengelola wisata,” Ujarnya.

Foto : Dok Kaisiri Rian (Kelompok Sadar Wisata Doy Bebrin Kampung Urfu)

Kegiatan ini mengangkat Tema “Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia Pariwisata Untuk Papua Maju”.

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.