Berita  

DP3AKB Biak Numfor Laksanakan Sosialisasi Kebijakan PUG Termasuk PPRG Tahun 2023

DP3AKB Biak Numfor Laksanakan Sosialisasi Kebijakan PUG Termasuk PPRG Tahun 2023

banner 120x600
banner 468x60

Lensapapua, Biak – Pemerintah Kabupaten Biak Numfor melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) mengadakan Sosialisi Kebijakan Pelaksanaan Pengarustamaan Gender (PUG) termasuk Perencanaan dan Penganggaran Responsif Gender (PPRG) berlangsung selama 2 hari, bertempat di Hotel Mapia Biak, Kamis (21/09/2023).

banner 325x300

Mewakili Bupati Biak Numfor, Staf Ahli Bidang Sosial Kemasyarakatan dan SDM Tinneke Mansnembra, SE, MM membuka secara resmi kegiatan yang melibatkan berbagai organisasi wanita yang ada di Kabupaten Biak Numfor, Kasubag program dari instansi teknis serta stakeholder terkait dalam rangka peningkatkan kapasitas perempuan di Kabupaten Biak Numfor.

Dalam kesempatan tersebut, pemerintah daerah menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada semua pihak terkait, atas upaya-upaya yang dilakukan selama ini dalam rangka memberikan perhatian serius terhadap kesetaraan gender melalui berbagai program.

“Sosialisasi ini penting dilakukan dengan tujuan ada kesepahaman tentang strategi untuk mengintegrasikan sebuah kepentingan dalam program, di mana strategi ini tujuannya untuk meyakinkan bahwa isu gender perlu diperhatikan dan diimplementasikan dalam program dan perencanaan ataupun penganggaran secara nyata,” jelas Tinneke melalui sambutan Bupati.

Dikatakan bahwa pengarustamaan gender merupakan strategi yang dibangun untuk mengintegrasikan gender menjadi satu dimensi integral dari perencanaan penyusunan pelaksanaan pemantauan dan evaluasi atas kebijakan dan program pembangunan pelaksanaan integrasi PUG dalam siklus perencanaan dan penganggaran baik di tingkat pusat maupun di tingkat daerah.

“Secara khususnya lagi kita yang ada di Kabupaten biak numfor tentunya diharapkan pula dapat mendorong pengalokasian sumber daya pembangunan menjadi lebih efektif, dapat dipertanggungjawabkan dan adil dalam memberikan manfaat pembangunan bagi seluruh lapisan masyarakat di seluruh lapisan masyarakat yang ada tanpa terkecuali baik laki-laki maupun perempuan,”ujarnya.

“Saya berharap Ke depan pelaksanaan PUG seperti ini harus terefleksikan dalam proses penyusunan kebijakan perencanaan dan penganggaran untuk menjamin agar perencanaan ataupun penganggaran yang dibuat oleh seluruh instansi atau stakeholder lebih responsif gender,”Sambung Tinneke.

Diharapkan agar peserta sosialisasi bisa mengikuti rangkaian kegiatan ini dengan baik sehingga materi yang didapatkan dipahami dan dapat diterapkan dalam pelaksanaan tugas di instansi masing-masing sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Sementara itu, Kepala Dinas DP3AKB Kabupaten Biak Numfor Johanna Naap menekankan bahwa kegiatan sosialisasi tersebut bertujuan untuk mewujudkan kesetaraan gender di berbagai bidang pembangunan di daerah serta pemberdayaan masyarakat yang partisipatif.

“Dengan harapan dalam perencanaan dan penganggaran bisa lebih melibatkan perempuan dalam berbagai kegiatan pembangunan daerah, intinya adalah perhatian khusus dalam pemberdayaan perempuan di Kabupaten Biak Numfor,”pungkasnya.

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.