SKB Biak Gelar Workshop Pembuatan APE dari Bahan Bekas Bagi Guru PAUD

Lensapapua, Biak – Satuan Pendidikan Non Formal – Sanggar Kegiatan Belajar (SPNF-SKB) Biak numfor gelar Workshop pembuatan alat peraga edukasi (APE) dari bahan bekas bagi guru pendidikan anak usia dini (PAUD) selama dua hari 13-14 Desember 2019, bertempat di Gedung serba guna SKB Biak numfor.

Workshop pembuatan APE diikut sekitar 40 peserta dari tenaga pendidikan KB, SPS dan TK yang ada di wilayah Biak numfor, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, ketrampilan dan sikap tenaga pendidik dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya.

Kepala SPNF-SKB Biak numfor, Margaretha Singgamui, mengatakan strategi metode pengajaran yang diterapkan di setiap pembelajaran pendidikan anak usia dini baik di PAUD atau TK harus disesuaikan dengan ciri khasnya anak yaitu dengan bermain sambil belajar atau belajar sembari bermain.

“Salah satu sarana yang jadi sumber belajar bagi anak yaitu alat bermain edukatif atau APE, ada banyak alat yang di jual di toko, tapi kalau kita beli sendiri harganya tentu mahal, namun alat APE juga bisa kita buat sendiri dengan kreativitas dari tutor masing-masing, tapi pada umumnya TK atau PAUD yang mampu mereka bisa membeli sendiri, tetapi untuk yang ada di kampung-kampung dan juga yang belum mampu dari sisi keuangan mereka biasanya membuat dengan kreativitas dari tutor sendiri,” Ungkapnya.

Berkaitan dengan itu, SKB mencoba menghadirkan workshop pembuatan APE dari bahan bekas dengan mendatangkan fasilitator dari luar dari kementerian yang ahli dalam mengembangkan alat permainan yang edukatif dari bahan bekas dan bahan yang ada di sekitar.

“Melalui workshop ini saya mengajak teman-teman untuk bisa sharing dan bisa berbagi pengalaman dengan kreativitas masing-masing yang sekiranya bagus, kami akan membukukan itu kemudian bisa di bagi kepada teman-teman yang lain, agar tahu juga dan bisa berkreasi dengan alat-alat permainan yang seperti itu,” Ujar Margaretha.

Ia berharap peserta bisa memanfaatkan workshop ini untuk menggali informasi yang bermanfaat serta menjadi perpanjangan informasi kepada tenaga pendidikan yang lain.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Biak numfor Yoel O. Maryen menyampaikan apresiasinya kepada SKB Biak numfor yang telah melaksanakan kegiatan workshop bagi para tenaga pendidikan anak usia dini yang ada di Biak numfor.

“Workshop ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan kompetensi tenaga pendidik PAUD di Biak, agar mereka nantinya lebih meningkatkan kreatifitas dalam mendidik anak anak kita dan mereka akan lebih punya banyak kreasi dalam mengajar,” Ujarnya usai membuka kegiatan workshop ini.

Ia berharap kegiatan seperti ini terus dilakukan dan dengan adanya kegiatan seperti ini bisa lebih memajukan dunia pendidikan di Kabupaten Biak numfor serta lebih meningkatkan kompetensi tenaga pendidik anak usia dini yang ada di wilayah Kabupaten Biak numfor.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.