Sebanyak 32 Peserta OAP, Ikuti Pelatihan Pertukangan Yang di Gelar Dinas Tenaga Kerja & Transmigrasi Kabupaten Sorong

oplus_2
banner 120x600
banner 468x60

Venny, Kabid Lantas.

banner 325x300

Lensapapua  –  Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Sorong menggelar kegiatan pelatihan pertukangan yang ditujukan bagi generasi muda Papua, dilaksanakan dihotel Aquarius Aimas selama 3 hari. Senin (03-06/24)

 

Pelatihan ini diikuti oleh 32 peserta yang merupakan Orang Asli Papua (OAP), yang diambil dari 32 distrik yang ada.  dengan tujuan untuk meningkatkan keterampilan dan daya saing mereka di dunia kerja, ujar Venny Rika SUU, SH,.  Kabid Lantas pada dinas ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kabupaten Sorong.

 

Lanjut Venny, Pelatihan ini didanai dari dana Otonomi Khusus (Otsus) tahun anggaran 2024,  sebuah program yang bertujuan untuk memberdayakan masyarakat Papua melalui berbagai inisiatif pendidikan dan pelatihan.

 

Dalam kegiatan ini, para peserta diberikan pembekalan teori serta praktik langsung yang mencakup berbagai teknik pertukangan dasar hingga lanjutan, jelas Venny

 

Mewakili Pj. Bupati Sorong, Luther Salama, S. Pd., M.Pd. dalam sambutannya, menyampaikan bahwa pelatihan ini merupakan salah satu upaya pemerintah daerah untuk mendukung pembangunan sumber daya manusia Papua.

Pelatihan pertukangan ini dilakukan sesuai unit kompetensi bagi para pencari kerja, sehingga kedepan para peserta dapat memiliki ilmu dan keterampilan memadai.

 

“Kami berharap melalui pelatihan ini, para peserta dapat mengembangkan keterampilan yang dapat digunakan untuk menciptakan peluang kerja dan usaha mandiri,” ujarnya.

 

Para peserta menyambut baik kegiatan ini dan menunjukkan antusiasme tinggi dalam mengikuti setiap sesi pelatihan.

 

Salah satu peserta menyatakan, “Ini adalah kesempatan yang sangat baik bagi kami untuk belajar keterampilan baru yang bisa kami manfaatkan untuk masa depan. Kami sangat berterima kasih kepada pemerintah atas dukungan ini.”

 

Dengan berakhirnya pelatihan ini, diharapkan para peserta dapat menerapkan ilmu yang didapat dalam kehidupan sehari-hari serta berkontribusi dalam pembangunan ekonomi di daerah masing-masing.

Program pelatihan ini juga diharapkan dapat menjadi model untuk kegiatan serupa di masa mendatang, guna terus mendorong peningkatan kualitas sumber daya manusia Papua.

 

Sementara itu mewakili pihak BPJS Yusuf,  menyampaikan bahwa seluruh tenaga kerja yang ada saat ini sudah dilindungi oleh BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan dan diharapkan kepada peserta, agar segera mendaftarkan diri ke BPJS demi keselamatan dan perlin dungan diri. Ucapnya. Red

 

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.