Pendidikan PAUD Merupakan Fondasi Dasar Kepribadian Anak

Fhoto bersama usai pengukuhan

Lensapapua –Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sebagai upaya untuk menciptakan sumber daya manusia (SDM) yang bermutu merupakan tahapan yang sangat strategis.

 

Tentu  dilakukan secara bertahap,  sistematis dan  menjadi tanggung jawab pemerintah dan masyarakat serta stakeholder lainnya.

 

Demikian sambutan, Bunda PAUD Kabupaten Sorong Junita Linda Kamuru, saat Pengukuhan dirinya oleh Bupati Johny Kamuru Selasa (2/2-2020) di kilometer 23 Aimas.

 

Pendidikan anak usia dini  memegang peranan penting dan menentukan bagi sejarah perkembangan anak selanjutnya. Sebab PAUD  merupakan fondasi dasar  bagi kepribadian anak sejak dia dilahirkan hinga memasuki pendidikan dasar, yang merupakan masa keemasan (Golden Age), jelas Linda Kamuru.

 

Masa ini lanjut Linda Kamuru  merupakan situasi yang tepat untuk meletakkan dasar-dasar perkembangan kemampuan fisik, bahasa sosial, seni, moral, dan nilai-nilai agama dalam pertumbuhan dan perkembangan anak-anak yang sehat cerdas dan mandiri.

 

“Selaku Bunda PAUD di Kabupaten Sorong saya memiliki peran sebagai penggerak utama dalam pembinaan pelayanan pendidikan bagi anak usia dini di wilayah ini guna mendukung terwujudnya pelayanan PAUD yang berkualitas,”pungkasnya.

 

Untuk itu, saya harap adanya sinergitas antara Pemerintah Kabupaten Sorong melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan serta Himpunan Pendidik Anak Usia Dini Indonesia di wilayah ini dalam mendukung peran saya tersebut, harap Linda Kamuru sembari menutup sambutannya.

 

Sementara itu, Bupati Sorong Johny Kamuru mengatakan, pendidikan anak usia dini menjadi tanggung jawab keluarga, masyarakat dan pemerintah.

 

“Keluarga adalah pendidik pertama dan utama juga sebagai basis pendidikan moral dan keagamaan yang tentunya mendapat dukungan dari pemerintah, masyarakat pemangku kepentingan atau stakeholder lainnya sangat diperlukan dalam penyelenggaraan pendidikan anak usia dini,”ingat Bupati Johny Kamuru.

 

Tanggung jawab pemerintah antara lain memberikan kepastian hukum pada pelaksanaan PAUD mengeluarkan aturan pedoman dan standarisasi teknis penyelenggaraan kegiatan pendidikan terjamin dalam rangka penjaminan mutu, dan perlindungan masyarakat.

 

Selain itu, menumbuhkembangkan pembinaan dan fasilitasi serta memberikan subsidi bagi lembaga yang membutuhkan serta  memberikan bantuan perhatian.

 

Di penghujung sambutan Bupati Sorong mengucapkan selamat kepada Bunda PAUD yang baru saja dikukuhkan. Semoga, dapat menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik, harapnya. (rim/red)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.