Pelantikan Ketua Definitif DPRD Kabupaten Sorong

_MG_1972

Lensapapua– Acara sidang paripurna istimewa DPRD Kabupaten Sorong dalam rangka pengucapan sumpah/janji pimpinan DPRD Kabupaten Sorong masa jabatan 2014 – 2019 dilaksanakan dikantor DPRD Kabupaten Sorong, Kamis (04/12).

Sambutan Bupati Sorong yang dibacakan oleh Wakil Bupati Sorong Suko Hardjono, S,Sos.M,Si. Mengemukakan bahwa pengucapan sumpah/janji merupakan tekad untuk memperjuangkan aspirasi rakyat yang diwakilinya, memegang teguh pancasila, menegakkan Undang-Undang Dasar (UUD) 45, menjalankan perundang-undangan yang mengandung konsekwensi dan tanggungjawab yang harus dilaksanakan oleh setiap individu dalam jabatan tertentu.

Pengucapan sumpah/janji dari satu orang ketua dan dua orang wakil ketua sebagaimana yang diamanatkan dalam UU, menunjukkan legitimasi DPRD sebagai lembaga legislatif yang telah disahkan melalui sidang paripurna istimewa berdasarkan surat keputusan Gubernur Papua Barat masa bhakti 2014 – 2019.

Dengan harapan hubungan kemitraan dengan pemerintah daerah dapat berjalan secara serasi dan tidak saling mendominasi antara satu sama lain, dalam konteks ini dilaksanakan secara kelembagaan, melalui keseimbangan antara mengelola dinamika politik dan tetap menjaga stabilitas pemerintah daerah, sehingga pola keseimbangan pengelolaan pemerintah daerah dapat membrikan manfaat secara signifikan bagi peningkatan kesejahteraan rakyat, dan secara agregatif akan berkontribusi terhadap pembangunan nasional dan fundamental integrasi bangsa secara keseluruhan.

Dengan demikian, perlu adanya konsistensi bersama dalam menjaga dan mengembangkan semangat kemitraan antara Eksekutif dan Legislatif, khususnya dalam merancang program-program pembangunan, karena kelancaran jalannya tugas rutin pemerintah dan pembangunan tidak semata-mata ditentukan kemampuan financial daerah, tetapi juga dipengaruhi oleh kapabilitas kehidupan politik maupun partisipasi masyarakat, agar pembangunan menuju masyarakat yang mandiri, sejahtera dan berkeadilan dapat terwujud.

Atas nama pemerintah daerah Kabupaten Sorong, disampaikan terimakasih dan penghargaan yang tinggi kepada ketua sementara DPRD Kabupaten Sorong masa jabatan 2014-2019 atas nama Rasimin, SE, yang dengan legowo mengantarkan lembaga yang terhormat ini, sehingga secara legitimasi dapat melaksanakan tugas, fungsi dan wewenangnya sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Dan kepada pimpinan beserta seluruh anggota disampaikan selamat melaksanakan tugas mengemban aspirasi masyarakat dan partai yang mewakilinya, kata Wakil Bupati. (Red)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.