Kontap Penting Untuk Memiliki Jumlah Anak Yang Ideal

Lensapapua, Biak – Kepala BKKBN Provinsi Papua, Charles Brabar, SE, MSi turut hadir dalam kegiatan Pelayanan KB Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) Medis Operasi Pria (MOP) di Rumah Sakit Angkatan Laut Biak, Rabu (23/10/2019), dalam kesempatan ini Charles menyampaikan bahwa MOP adalah salah satu metode kontrasepsi yang menjadi pilihan bapak- bapak yang merasa sudah memiliki jumlah anak yang ideal.

“Program metode kontrasepsi mantap atau kontap ini sebagai salah satu pilihan bagi suami – suami yang mencintai istrinya, istrinya tidak perlu ikut KB atau steril lagi, jadi para suami merasa bahwa sudah membantu istri dengan melakukan sterilisasi atau vasektomi,” Ujarnya.

Charles berharap di usia yang masih produktif, khususnya untuk para suami bisa lebih banyak berperan untuk bisa bekerja dan menghidupi anak-anak dengan baik serta mendampingi istri atau bertanggung jawab dalam keluarga untuk bisa menghidupi anggota keluarga dengan baik.

Ia menjelaskan, Operasi sterilisasi ini aman karena juga lakukan di seluruh dunia dan sejauh ini di provinsi papua sudah banyak yang melakukan sterilisasi, tidak ada kendala dan semua berjalan dengan baik serta tidak ada unsur paksaan dalam layanan Kontap ini dan untuk di Biak numfor ada 12 Orang yang sudah mendaftarkan diri untuk melakukan operasi vasektomi ini.

“Jauh-jauh hari mereka sendiri sudah mendaftarkan diri untuk melakukan operasi, operasi ini hanya sebentar paling lama sekitar 15 menit, yaitu sterilisasi, yang dilakukan ini hanya saluran sperma nya yang ditutup permanen dan sudah tidak bisa menghamili istrinya lagi,” Jelasnya.

Ia menambahkan setelah vasektomi dilakukan maka proses hubungan suami istri akan tetap berjalan normal seperti biasanya.

Sementara itu Plt Kepala Dinas DP3AKB Biak Numfor, Lourens Patipeilohy mengatakan program MOP ini ini sangat penting bagi bapak-bapak yang anaknya sudah banyak.

“Untuk itu dengan tidak ada unsur paksaan dan kesadaran bapak-bapak untuk mengikuti program ini, jangan beranggapan setelah MOP dilakukan maka akan mempengaruhi hubungan seksual antar suami istri, akan tetapi hubungan antar suami istri akan berjalan seperti biasanya, karena maksud program kb ini untuk menjaga jarak kelahiran, pengaturan kelahiran dan juga meningkatkan kesejahteraan keluarga itu sendiri,” Ungkap Plt Kadis DP3AKB Biak.(red/rin)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lensapapua.com

FREE
VIEW