Pelayanan JKN-KIS Pelayanan Sama Merata

Lensapapua, Kehadiran Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) sejak 2014 silam telah memberikan angin segar bagi masyarakat Indonesia. Seperti  diketahui, Program JKN-KIS dapat meringankan beban masyarakat karena dapat berobat dengan nyaman tanpa perlu mencemaskan pelayanan dan biaya pengobatan.

Hak setiap peserta JKN-KIS yang telah terdaftar dan aktif salah satunya ialah mendapatkan layanan kesehatan berdasarkan indikasi medis tanpa diskriminasi.

Seperti yang dialami Hasisa (58), seorang peserta JKN-KIS dari segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU), saat ditemui di Rumah Sakit Mutiara Sorong, Selasa (14/07/2020).

Ia menyatakan pengobatannya sangat terbantu dengan mengandalkan JKN-KIS saat sakit.

“Mungkin karena sudah tua, jadinya beberapa kali saya keluar masuk rumah sakit karena memang saya ada riwayat penyakit gula dan maag. Tapi selama itu juga saya selalu memanfaatkan kartu ini,” katanya mengawali cerita.

Ia melanjutkan, selama menjalani perawatan saat berkali-kali keluar masuk rumah sakit, Hasisa mengaku sangat puas dan nyaman berobat karena dijamin sepenuhnya oleh JKN-KIS. Ia tak pernah merasa dibeda-bedakan.

Menurutnya masyarakat yang sudah merasakan manfaat tersebut pasti sangat bersyukur telah terdaftar sebagai peserta dari Program JKN-KIS.

“Puas, pelayanannya baik sekali. Saya tidak pernah merasa dibeda-bedakan dengan pasien umum selama berobat dengan kartu JKN-KIS ini. Senang sekali, ada yang bisa diandalkan jika sakit seperti ini,” ujarnya menambahkan.

Hasisa selalu memastikan keaktifan kepesertaan JKN-KIS-nya dengan rutin membayar iuran setiap bulan. Bahkan ketika sehat, ia mengaku tak merasa rugi tetap memastikan keaktifan kartu miliknya dan keluarga.

Menurutnya selama ia sakit , peserta JKN-KIS lainnya saling bergotong royong membantu menjamin biaya pengobatannya yang tidak sedikit itu. Sehingga saat ia sehat, tak lupa ia ikut berkontribusi membantu peserta JKN-KIS lainnya yang sedang sakit.

“Terima kasih BPJS Kesehatan dan pemerintah. Program JKN-KIS ini sangat bermanfaat untuk masyarakat seperti kami. Semoga sukses selalu pelaksanaannya,” ujarnya tersenyum. red/whd

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.