BLK Sorong Gelar Pelatihan Processing Hasil Pertanian Berbasis Kompetensi Non Institusional

Lensapapua –  Balai Latihan Kerja (BLK) Sorong menggelar pelatihan berbasis kompetensi non institusional (Mobile Training Unit) Sub Kejuruan Processing pengolahan hasil pertanian.

Kegiatan tersebut berlangsung di aula Kelurahan Majaran, Distrik Salawati, Kamis (18/07-2019),  dibuka Bupati Sorong diwakili Staf Ahli Bidang SDM Dr. Wa Ode Likewati, SE, MM.

Peningkatan produktivitas menjadi prioritas utama dalam pembangunan sumber daya manusia yang handal. Banyak cara yang dilakukan untuk mewujudkan hal tersebut,  antara lain dengan meningkatkan kualitas sumber daya manusia kepada masyarakat,  khususnya di Kabupaten Sorong ini merupakan upaya untuk meningkatkan pendapatan keluarga.


Selain itu  upaya perbaikan ekonomi keluarga yang dengan cara ini juga dapat meningkatkan pendapatan yang dilakukan melalui pengembangan usaha- usaha rumah tangga. Salah satunya adalah usaha produksi pengolahan hasil pertanian.

Pemerintah Kabupaten Sorong memiliki kewajiban untuk mendukung terciptanya kualitas SDM dan mensejahterakan keluarga, tapi hal ini juga membutuhkan dukungan dari stakeholders lainnya.

Untuk itu dalam kesempatan yang berbahagia ini mewakili pemerintah saya memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada fatayat NU Kabupaten Sorong dan juga kepada BLK Sorong atas terselenggaranya pelatihan  ini.

Pelatihan ini bertujuan untuk memproses pengolahan bahan- bahan makanan pertanian,  khususnya menjadi makanan yang siap saji yang memiliki ekonomi lebih tinggi.

 

Sehingga dengan adanya program ini  menjadi sumber penghasilan yang  sangat diminati terutama ibu-ibu, jelas Wa Ode.

Ia berharap dengan pelatihan ini akan dapat memberikan keterampilan bagi para pesertanya. Jumlah peserta  160 orang  ini agar  kelak dapat mengembangkan usaha peningkatan kapasitas SDM dan ekonomi di rumah tangga.

Ia menambahkan, bahwa kemarin PKK Kabupaten Sorong itu menyelenggarakan lomba -lomba pengolahan hasil pertanian berbasis pangan lokal,  dan hasilnya adalah pada saat dilombakan di provinsi  kita dari Kabupaten Sorong menjadi juara umum.

 

Dengan meraih sebagai juara umum tingkat Provinsi Papua Barat maka Kabupaten Sorong akan mengikuti lomba tingkat nasional yang akan berlangsung di Jakarta pada Oktober mendatang. (Red/rim)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.