banner 728x250

DOB Kabupaten Maybrat Sau Tinggal Menunggu Ampres

banner 120x600
banner 468x60

banner 325x300

IMG_1587Lensapapua  Kegiatan sosialisasi RUU tentang calon pemekaran daerah otonomi baru (DOB) Kabupaten Maybrat tersebut, berlangsung sehari di Aimas, Jumat (15/11),

Ketua DPRD Kabupaten Sorong Aleks Ferry Flassy, SH menegaskan, jangan mempersoalkan calon  ibukota Kabupaten Maybrat Sau, nanti jika setelah diundangkan yang menurut rencana akan dilakukan dalam waktu dekat ini.

 Sejak awal pengusulan calon DOB Kabupaten Maybrat Sau itu, salah satu butir di dalamnya dicantumkan pula bahwa calon  ibukota kabupatennya, yakni  di Maybrat. Jadi tidak ada pihak manapun yang harus saling klaim. Hal itu sah-sah saja. Karena  kesiapan infrastruktur dasar, tenaga apratur dan lainnya memang sudah siap.  “Tinggal selanjutnya untuk dibenahi saja,” katanya.

Ada sekitar 65 calon DOB di seluruh Indonesia yang saat ini sudah ada Rancangan Undang-Undang (RUU) nya, hanya tinggal menunggu Ampres,  dan selanjutkan akan dituangkan dalam Undang Undang  Pemekaran.

Ia mengimbau kepada masyarakat Maybrat pada umumnya yang mengikuti kegiatan sosialisasi tersebut, agar berbagai upaya dari Pemkab Sorong sebagai kabupaten induk  perlu dihargai.

“Karena  rencana pemekaran tersebut atas inisiatif dan  usulan dari Bupati Sorong bersama DPRD. Termasuk pengangkatan tim pemekaran dituangkan dalam SK bupati,” katanya.

IMG_1596

Sementara itu, Asisten I Setda Kabupaten Sorong Ishak Kambuaya, S.Sos, M.Si menjelaskan, tidak ada lagi hal-hal yang perlu dibahas terkait dengan masalah dokumen pengusulan calon daerah pemekaran baru, karena semuanya sudah  jelas yang dituangkan dalam  RUU, belum lama ini.

“Hanya kita  tinggal menunggu proses selanjutnya, hingga disahkan menjadi Undang Undang,” katanya.

Rencananya dalam waktu dekat nanti semua tim kerja tersebut akan bertolak ke Jakarta  untuk mengikuti proses lebih lanjut. Jika, tidak ada halangan, akan dibahas pada 20 November, dan paling lambat Desember nanti, kata Ishak Kambuaya. (Rim/Red)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.