banner 728x250

Kabupaten Sorong Akan Menjadi Pioner Bagi Kawasan Indonesia Timur

banner 120x600
banner 468x60

DSCF0220

Lensapapua–  PT.Megapura Prima Industri adalah salah satu perusahaan pemenang tender pengeboran Batu bara  di Distrik Moisegen Kabupaten Sorong.

banner 325x300

Untuk mendapatkan izin pertambangan tidak semudah yang kita kira, Karena harus melalui tahapan penyelidikan umum yang dilakukan selama 1 tahun, pada saat pengurusan izin tambang ini,Undang-Undang yang diberlakukan masih menggunakan Undang-Undang pokok pertambangan.

Pihak PT.Megapura Prima Industri harus mencari sikapan-sikapan yang ada di sekitar wilayah Salawati pada saat itu sebelum dimekarkan menjadi distrik Moisegen saat ini.

Maka pada tahun 2009 PT.Megapura Prima Industri melakukan kegiatan yang disebut dengan eksplorasi,coring,pengeboran, dan sistim pengeboran untuk batubara ini bukan menggunakan  sistim 1 titik pengeboran seperti yang dilakukan oleh Migas.Akan tetapi pengeborannya sampai ber ratus-ratus titik pengeboran untuk memastikan adanya potensi ditempat tersebut.

Setelah ekplorasi tersebut selesai dilakukan, dilakukan lah penghitungan dan ternyata hasilnya mendapatkan cadangan dan potensi. Akhirnya PT.Megapura Prima Industri mengajukan izin operasi kepada Bupati Sorong. Yang kemudian izin tersebut pun diberikan.

Kemudian dengan melalui waktu yang cukup panjang  melengkapi segala persyaratan seperti study visibility untuk masuk standar operasional perusahaan (SOP) kemudian harus melakukan kajian-kajian lingkungan hidup AMDAL,dan pada akhirnya setelah dievaluasi lalu dianggab sudah layak karena sudah memenuhi persyaratan.

PT.Megapura Prima Industri berkerjasama dengan PT.PLN Batubara untuk menopang energy Listrik. Sebenarnya Orientasi pertama nya untuk membantu PLN Batubara di Provinsi Papua, Akan tetapi sehubungan dengan Powerplant yang rencananya dibangun di Jayapura masih Primari Design.

Akhirnya PT.PLN Batubara melakukan Survei ke Kabupaten Sorong, dan jika Tuhan berkenan kedepan PT.Megapura Prima Industri tidak akan membawa hasil tambang Batubara ini keluar daerah.Karena rencananya di Kabupaten Sorong ini juga akan dibangun Powerplant dan pembangkit Listrik tenaga Uap di mulut tambang.

Harapan kita semoga Kabupaten Sorong bisa menjadi Pioner bagi seluruh wilayah dikawasan Indonesia Timur terutama wilayah yang ada di Papua maupun Papua Barat. (Red)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.