BPJS Kesehatan Berikan Kemudahan Deteksi Penyakit Melalui Fitur Mobile Screening

Lensapapua–  Diabetes, hipertensi, ginjal kronis, dan jantung konorer merupakan deretan penyakit kronis yang gejalanya sering diabaikan masyatakat, karena umumnya calon penderita tidak terganggu oleh gejala yang ditimbulkan, namun kebanyakan masyarakat baru menyadari mengidap penyakit tersebut ketika sudah mencapai fase lanjut. Oleh karenanya, guna meningkatkan kesadaran masyarakat terkait penyakit kronis tersebut sejak dini, BPJS kesehatan Rabu (1/2/2017), meluncurkan layanan Mobile Screening.

“Screening Kesehatan merupakan penambahan fitur di aplikasi BPJS Kesehatan Mobile, maka sekarang masyarakat di sorong bisa melihat potensi resiko kesehtannya cukup dengan melakukan skrining riwayat kesehatan melalui fitur skrining pada aplikasi BPJS

Kesehatan Mobile yang terdapat di handphone” kata kepala BPJS Sorong Natalia Panggelo saat jumpa pers di kantor pemkot Sorong.

Kepala BPJS Kesehatan Sorong Raya, Natalia Panggelo mengatakan, peserta dapat mendownload aplikasi BPJS mobile tersbut di Play Store pada smart phone, kemudian melakukan registrasi dengan mengisi data diri yang dibutuhkan.

Selanjutnya di dalam aplikasi tersebut peserta diminta mengisi 47 pertanyaan berkaitan dengan kebiasaan dan aktivitas serta kondisi fisik sehari-hari yang dirasakan oleh peserta, apabila semua pertanyaan telah dijawab, maka peserta akan memperoleh hasil skrining riwayat kesehatan langsung di ponsel peserta.

“Jadi bapak ibu bisa mendownload aplikasi ini di ponsel android, kemudian bapak ibu diminta untuk mengisi pertanyaan yang ada, nanti dengan sendiri melalui hasil skrining kita mengetahui gejala penyakit ada pada diri kita,” Ujarnya.

Dengan Aplikasi BPJS Kesehatan Mobile (mobile skrining) Natalia berharap, semakin dini peserta mengetahui resiko kesehatan, maka peserta JKN-KIS dapat lebih aware untuk melakukan pemeriksaan riwayat kesehtan, dan konsultasi ke Fasilitas Kesehtan Tingkat Pertama (FKTP) untuk dapat ditindak lanjuti atas hasil skrining riwayat kesehatan.

Mewakili Pemerintah Asisten II setda Kota Sorong dr. Sihombing, mengapresiasi peluncuran Fitur BPJS Kesehatan mobile, karena nantinya pegawai dilingkungan pemkot Sorong, lebih mudah mengetahui kesehatan mereka dengan cepat karena telah tersedia Aplikasi tersebut.

“Yang pasti kita mengapresiasi aplikasi BPJS kesehatan ini, karena masing-masing pegawai di pemkot hanya tinggal membuka aplikasi di HP mereka untuk mengetahui penyakit yang diderita,” ungkap Sihombing mewakili Plt walikota Sorong pada Jumpa pers.(kho/red)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.