BLUD Sorong Miliki Alat Cuci Darah Alat Pertama Di Papua dan Papua Barat

banner 120x600
banner 468x60

Lensapapua–  Manageman BLUD Rumah Sakit Kabupaten Sorong, dalam waktu dekat akan mengoperasikan alat cuci darah, peralatan cuci darah ini merupakan yang pertama kali di wilayah Papua dan Papua Barat.

Kebutuhan peralatan medis di wilayah Papua dan Papua Barat selama ini masih sangat minim, sehingga tidak jarang pasien yang membutuhkan perawatan khusus, harus dirujuk keluar Papua, sebagai contoh pasien penyakit jantung, diabetes, ataupun ginjal yang kerap membutuhkan cuci darah bagi pasien.

banner 325x300

Oleh karena itu, melihat masalah ini, pihak Badan layanan Umum daerah (BLUD) rumah sakit kabupaten Sorong menggandeng perusahaan penyedia alat cuci darah untuk dipasang di rumah sakit.

Dijelaskan Direktur BLUD Rumah Sakit, dr. Jerry Nikijuluw, saat ini Rumah sakit telah dilakukan sejumlah pembenahan baik dari dalam maupun diluar rumah sakit, namun sayang masih ada beberapa peralatan medis yang belum ada dan harus segera dilengkapi, mengingat kebutuhan pasien juga semakin meningkat.

“Rumah sakit kita ini sudah mengalami banyak perubahan, peralatan medis juga kami tambah secara bertahap, namun untuk alat cuci darah ini belum ada, bahkan dirumah sakit yang ada di Papua dan Papua Barat belum ada yang memasang alat ini, karena alat ini memang mahal, sehingga banyak rumah sakit yang belum mampu membeli dan memanfaatkan alat ini” kata Jerry Nikijuluw, Selasa (4/4/2017).

“Untuk cuci darah itu memang mahal, tapi nanti pasien bisa menggunakan BPJS Kesehatan, Mekanisme penggunaan alat cuci darah kita kontrak pakai dengan perusahaan penyedia peralatan, jika telah selesai kontrak alat ditinggalkan untuk dipergunakan, pemasangan awalnya 4 unit dan kita harap tahun ini segera dipasang, karena beberapa perawat kita sedang dilatih di Jakarta agar dapat mempergunakan alat tersebut ” tambah Jerry Nikijuluw.
Badan Layanan Umum Daerah Rumah Sakit Kabupaten Sorong beberapa bulan terakhir menambah sejumlah fasilitas, termasuk tenaga medis untuk memaksimalkan pelayanan bagi pasien.(yud/red)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.