Sadar Hukum Nelayan Serahkan Bom Ikan Ke Lantamal XIV Sorong

Mesak Karubaba mantan pelaku bom ikan. Dok/red
Mesak Karubaba mantan pelaku bom ikan. Dok/red

Lensapapua, Kesadaran masyarakat tentang kelestarian hayati kelautan tampaknya semakin meningkat.Hal itu terlihat dari penyerahan peralatan bom ikan oleh para nelayan kepada Lantamal XIV di Mako Lantamal XIV Sorong, Jumat (20/10/2017).

Salah seorang mantan pelaku bom ikan, Mesak Karubaba mengungkapkan aksi pemboman ikan di Tanah Papua sudah berlangsung sejak beberapa dekade lalu hingga saat ini.

Menurutnya, hal itu (pengeboman ikan) tidak seharusnya terjadi jika masyarakat memiliki keahlian dan peralatan penangkap ikan ramah lingkungan.

“Kesempatan ini saya minta kepada pemerintah daerah untuk membina para nelayan, khususnya mantan pelaku bom ikan. Diikuti dengan perlengkapan dan modal memadai agar nelayan dapat hidup dan tidak merusak lagi”, pinta Mesak.

Komandan Lantamal XIV, Brigjen Mar. Amir Faisol, S.Sos mengatakan kelestarian laut merupakan tanggung jawab bersama antara masyarakat, aparat penegak hukum dan pemerintah.

“Lantamal XIV berkomitmen mengamankan wilayah laut Sorong. Jika ada yang masih melakukan pengeboman ikan, pasti ditindak tegas”, kata Amir Faisol.

Ia mengajak seluruh nelayan di Tanah Papua untuk memanfaatkan kekayaan laut dengan sebaik-baiknya dan meninggalkan cara lama (bom ikan) yang merusak kelestarian lingkungan. red

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.