Berita  

Snap Mor FBMW 2024 di Laksanakan di Kampung Ramdori Distrik Swandiwe 

Snap Mor FBMW 2024 di Laksanakan di Kampung Ramdori Distrik Swandiwe 

banner 120x600
banner 468x60

Lensapapua, Biak – Penjabat Bupati Biak Numfor Sofia Bonsapia didampingi Plt Sekda Biak Numfor Ricky Mailoa dan sejumlah pejabat lainnya bersama masyarakat melaksanakan tradisi budaya Snap Mor di hari Ke-4 pelaksanaan Festival Biak Munara Wampasi (FBMW) Tahun 2024 yang dipusatkan di Kampung Ramdori Distrik Swandiwe, Kamis (04/07/2024).

banner 325x300

Snap Mor atau kegiatan menangkap ikan bersama-sama di waktu air surut dengan menggunakan tombak (kalawai) ini merupakan tradisi unik masyarakat Biak Numfor yang sampai sekarang masih tetap dilestarikan hingga menjadi kegiatan wajib yang paling ditunggu-tunggu seluruh masyarakat disetiap pelaksanaan FBMW.

Ribuan masyarakat datang dan memadati sepanjang pantai lokasi pelaksanaan Snap Mor membawa berbagai alat tangkap ikan, seperti kalaway, jubi atau alat tangkap ikan tradisional dan tempat penyimpan ikan.

“Kegiatan Snap Mor yang luar biasa ini sangat menarik dan luar biasa sehingga tentu saja harus terus dilakukan, selain sebagai wujud melestarikan adat budaya kita tapi juga menjadi ajang tempat masyarakat dari berbagai kalangan bisa berkumpul untuk kita bersama-sama turun ke laut saat air surut untuk melakukan snap Mor,” Ujarnya.

Menurutnya Snap Mor ini bisa menarik wisatawan dari berbagai daerah untuk bisa datang dan menyaksikan langsung dan bagaimana memperkenalkan seperti apa berjalannya prosesi Snap Mor di laut Biak Numfor hingga mendapatkan ikan yang berlimpah ruah.

“Kegiatan snap mor ini juga menjadi momen membangun kebersamaan yang baik antar warga agar tercipta suasana yang kondusif, apalagi menjelang pemilihan umum kepala daerah serentak 2024 nanti,” ungkap Pj Bupati.

Sementara itu, Ketua Panitia Snap Mor Jemaat GKI Baitel Ramdori, Derek Kararbo mengatakan kegiatan snap mor terselenggara atas tindak lanjut hasil keputusan sidang jemaat tahun 2023 untuk menjawab kebutuhan warga Gereja agar bisa mendukung berbagai kegiatan Gereja.

Derek menjelaskan pelaksanan sasi untuk di lokasi Snap Mor sudah dilakukan sejak bulan Maret dan dibuka pada bulan Juli ini saat pelaksanaan Snap Mor di Mulai, sehingga masyarakat dan tamu yang datang bisa merasa senang karena mendapatkan ikan yang banyak dan melimpah.

“Atas nama warga jemaat GKI Baitel Ramdori dan masyarakat kampung, kami menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Daerah dan semua pihak yang sudah terlibat sehingga snap mor disini bisa terlaksana dengan baik, semoga hasilnya nanti bisa menjawab kebutuhan dan membatu warga jemaat atau masyarakat,” Pungkasnya.

Kegiatan Snap Mor ini tak hanya dihadiri oleh masyarakat setempat, masyarakat dari Kabupaten Supiori, pejabat terkait , perwakilan TNI/Polri, undangan dan pihak – pihak lainnya ikut mengambil bagian dalam pesta menangkap ikan beramai-ramai ini.

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.