Berita  

Basarnas Biak Latih Puluhan Potensi SAR Teknik Pertolongan di Ketinggian

Basarnas Biak Latih Puluhan Potensi SAR Teknik Pertolongan di Ketinggian

banner 120x600
banner 468x60

Lensapapua, Biak – Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A BASARNAS Biak melaksanakan kegiatan Pelatihan Potensi Pencarian dan Pertolongan (SAR) Teknik Pertolongan di Ketinggian Tahun 2024, bertempat di Hotel Asanah Biak, Selasa (09/07/2024).

banner 325x300

Dibuka secara resmi dengan penabuhan tifa oleh PLT Sekretaris Daerah Kabupaten Biak Numfor Zakarias L Mailoa di dampingi Kepala Basarnas Kelas A Biak, Kundori, S.T, M.M, Forkopimda, serta perwakilan Pimpinan TNI-Polri dan sejumlah stakeholder lainnya.

Peserta dalam pelatihan potensi SAR ini sebanyak 50 orang, berasal dari perwakilan masing-masing instansi dan organisasi berpotensi SAR di Kabupaten Biak Numfor yakni perwakilan Paskhas, Lanudal, Kodim 1708/BN, Polres Biak, Polair Biak, Brimob Biak dan Anggota Pramuka.

Dalam sambutanya, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Biak mengatakan Indonesia merupakan salah satu negara yang rawan terhadap bencana atau musibah, setiap kejadian musibah dan bencana tentunya membutuhkan penanganan yang komprehensif.

“Secara teknik pelatihan SAR bagi Potensi SAR ini merupakan upaya untuk meningkatkan kemampuan personil terhadap bencana dan menjalin komunikasi dan koordinasi terhadap sesama penggiat SAR agar tercipta jalinan yang erat sehingga apabila terjadi bencana atau musibah bisa terdapat kesatuan pandang sehingga efektif dan efisien dalam melaksanakan operasi SAR”, Ungkapnya.

Kepala Basarnas Biak berharap melalui pelatihan ini para peserta dapat belajar dan memahami pengetahuan dari instruktur serta dapat menciptakan Komunitas SAR di Biak sehingga secara khusus dapat membantu tugas-tugas yang diemban oleh Kantor SAR Biak sebagai unit pelaksana teknis.

“Selamat mengikuti pelatihan kepada seluruh peserta yang akan melaksanakan kegiatan pelatihan ini, jaga kondisi kesehatan kalian sebaik mungkin agar bisa mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dengan baik dan mampu menyerap semua pengetahuan dan keterampilan”, ujarnya.

Sementara mewakili sambutan PJ Bupati Biak Numfor, Plt Sekda Biak Numfor mengatakan pelatihan ini sangat penting untuk meningkatkan kualitas dan kesiagaan segenap personil, khususnya lagi Kantor SAR Biak dalam menyikapi segala kemungkinan bencana atau kecelakaan yang dapat terjadi setiap saat.

Pelatihan potensi pencarian dan pertolongan di medan ketinggian di Kabupaten Biak Numfor sangat penting untuk menjalan sinergitas dan kerjasama antar instansi atau organisasi yang memiliki peran dalam pelaksanaan operasi pencarian dan pertolongan sehingga ketika suatu saat ada kejadian darurat yang membutuhkan penanganan pencarian dan pertolongan semuanya dapat menyatukan persepsi serta kesepahaman baik di tingkat manajerial maupun operasional di lapangan dalam melakukan tindakan-tindakan penyelamatan.

“Terkait dengan itu atas nama pemerintah kabupaten biak numfor dan atas nama pribadi saya menyampaikan apresiasi sekaligus terima kasih atas kesiagaan yang telah dilakukan setiap saat oleh kantor SAR biak dalam memberikan pertolongan kepada masyarakat biak numfor selama ini,” Pungkas Sekda.

Kegiatan Pelatihan Potensi Pencarian dan Pertolongan (SAR) Teknik Pertolongan di Ketinggian Tahun 2024 ini akan berlangsung selama 7 hari, sejak 9 Juli – 15 Juli 2024.

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.