Naikan Partisipasi Pemilih, KPU Biak Numfor Goes To School & Campus

Sekretaris KPUD Biak Nunfor, Agus Filma. Dok/red
Sekretaris KPUD Biak Nunfor, Agus Filma. Dok/red

Lensapapua, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Biak Numfor menyasar para pemilih pemula untuk menaikan partisipasi pemilih untuk pemilu serentak 17 April 2019 nanti, dengan turun langsung untuk melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah (SMA/SMK) dan Kampus yang ada di Biak .

“Yang menjadi fokus kita adalah bagaimana kita menaikkan partisipasi pemilih dengan potensi pemilih pemula yang begitu besar, oleh sebab itu kita lakukan aktifitas sosialisasi di sekolah-sekolah yakni KPU goes to School dan KPU goes to Campus,” Demikian kata Sekretaris KPU Biak Numfor Agus Filma di Biak, Jumat (25/1).

Menurutnya, dari hasil turun beberapa waktu lalu masih banyak pemilih pemula yang belum mengerti tentang pemilu dan ada juga yang belum terdaftar sebagai DPT, untuk itu pada bulan Maret nanti pihak KPU akan turun kembali ke sekolah dan kampus untuk memastikan para pemilih pemula ini telah benar benar mengerti tentang Pemilu dan sudah terdaftar sebagai DPT.

“Dari hasil turun kemarin, kami melihat masih ada pemilih pemula yang belum terdaftar dalam DPT, baik karena memang mereka tidak terakomodir juga karena mereka belum punya E-KTP, sehingga kami akan berkoordinasi dengan Disdukapil untuk segera kita merekam para pemilih pemula yang belum punya E-KTP untuk segera kita daftarkan,” ujarnya.

Agus menambahkan, pada bulan Maret nanti KPU Biak Numfor akan membuat sosialisasi berupa konser musik untuk menarik partisipasi para pemilih pemula, karena dengan adanya aktifitas-aktifitas anak muda seperti ini sekaligus bisa menarik mereka untuk mengerti tentang pemilu dan bisa ikut serta dalam pemilu serentak nanti.

“Memang masih banyak yang belum mengerti apa itu pemilu, bagaimana cara memberikan suara di tps, bagamana cara mencoblos, jadi
kami berharap juga baik stakeholder dan pemerintah daerah juga bisa sama-sama ikut memberikan pencerahan kepada seluruh pemilih pemula,” tuturnya.

Sementar itu dari KPU Biak Numfor akan bentuk relawan demokrasi, saat ini sementara dalam rekrutmen, akan ada sebanyak 55 orang untuk 10 basis, termasuk basis pemilih pemula, nantinya 55 orang terpilih ini akan di bekali dengan wawasan, penyuluhan tentang pemilu dan akan di fasilitasi dana untuk mereka turun ke lapangan memberikan sosialisasi. red

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.