Sosial  

Peran Orangtua Sebagai Penentu Dalam Mendukung Pendidikan Putranya

Lensapapua – Keberhasilan pendidikan anak tidak terlepas dari peran orangtua dalam mendudukung sepenuhnya terhadap masa depan anak.

Berbagai pengalaman telah membuktikan, dimana beberapa tahun terakhir ini, ada salah satu siswa merupakan alumni SMPN 1 Kabupaten Sorong yang baru dua hari menerima kelulusan, selang beberapa hari kemudian kami guru di sekolah ini menerima undangan untuk menghadiri pernikahan alumni siswa kami, ungkap kepala SMPN 1 Kabupaten Sorong Sunaryadi, Rabu (10/6).

“Hal seperti ini, Sunaryadi berharap jangan lagi terjadi. Karena akan berdampak pada anak itu sendiri dalam menggapai masa depannya. Bagaimana tidak, anak barusan selesai menamatkan pendidikan di tingkat SMP saja, kok bisa menikah,”imbaunya.

Saya sebagai kepala sekolah maupun dewan guru maupun keluarga besar SMPN 1 ini ikut prihatin, kenapa anak barusan seusia remaja,” bukannya mau melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi. Malah yang terjadi sianak itu harus memasuki suatu rumah tangga baru,” tegas Sunaryadi.

“Ke depan kasus seperti ini tidak perlu terjadi, karena akan membunuh masa depan anak kita yang masih berusia sekolah.” Jika hal ini terjadi lagi, maka undangan dalam bentuk apapun yang akan dilayangkan ke sekolah ini, kami tidak akan menghadirinya,” ucap Sunaryadi.

“Berhasil atau tidaknya sang anak, tentu tidak terlepas dari peran orangtua. Bagaimana memperhatikan pendidikan anak, dan itu hal yang sangat penting,” tambahnya.(rim/Red)

Exit mobile version