Sosial  

Pemerintah Dapat Menyusun Kebijakan Pembangunan Berbasis Data

Lensapapua, Pj. Bupati Sorong, Yan Piet Mosso beserta keluarga menjadi target pertama input data awal registrasi sosial ekonomi (Regsosek), Sabtu (15/10/2022).

Kepada wartawan Yan Piet Mosso mengatakan pemerintah sebagai pengguna data sangat membutuhkan hasil pendataan yang sedang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) karena sangat berpengaruh terhadap arah kebijakan pembangunan di daerah.

“Pendataan awak Regsosek ini adalah program nasional. Data yang dihasilkan nanti pasti sangat dibutuhkan oleh pemerintah, pusat maupun daerah dalam menentukan kebijakan pembangunan,” terang Mosso.

Ia mencontohkan penyaluran bantuan sosial kepada keluarga penerima manfaat tentunya menggunakan data yang telah disusun sebelumnya.

“Bukan hanya itu, bahkan pembangunan pada bidang-bidang strategis lainnya juga membutuhkan data valid dan akurat, seperti pendidikan dan kesehatan yang menjadi program prioritas pemerintah,” beber Pj. Bupati Sorong.

Menurut penjelasan Kepala BPS Kabupaten Sorong, Ratna Megawati Amiragusti ketika data Regsosek sudah tersusun maka seluruh data yang sebelumnya digunakan oleh berbagai instansi akan secara otomatis tidak digunakan lagi. red

Exit mobile version