Sosial  

Pelatihan Tata Boga Bagi Kaum Perempuan Putus Sekolah

banner 120x600
banner 468x60

20150520_113112

Lensapapua – Sri Rahayu, salah satu instruktur dari Yayasan Puspa Indah Bekasi, dimana berkecimpung dalam berbagai kegiatan terkait dengan membina para ibu untuk mendidik anak-anak.

banner 325x300

 Kedatangan kami di Daerah Kabupaten Sorong diundang oleh Kepala Kantor Pemberdayaan Perempuan dan KB, dengan sasaran kegiatan di bidang tata boga, ujarnya, di Aimas, Rabu (20/5), saat memberi materi kegiatan tata boga bagi kaum perempuan putus sekolah dari Distrik Maudus, Kabupaten Sorong.

 “Memang yang saya lihat  pekan kemarin peserta dari distrik lain pada saat kegiatan berlangsung di sini warga sudah memiliki kemampuan, tapi yang ada hari ini dari Distrik Maudus sedikit kesulitan. Hal ini dikarenakan masih ada peserta yang belum cepat tanggab akan materi yang kami berikan, bahkan masih ada juga yang belum bisa membaca, kata Sri.

 Selain itu, memang  peserta juga sama sekali belum mengetahui cara membuat kue. Bahkan ada yang belum mengenal bahan keju maupun peralatan seperti mixer dan peralatan lainnya, sehingga saya harus penuh dengan kesabaran mengajarkan mereka.

Sri Rahayu

 Bagi saya, kata Rahayu, sangat menyenangkan dan cukup menarik. Saya bukan baru kali ini saja untuk memberikan pelatihan tata boga kepada warga Sorong, tapi sudah beberapa kali  mendatangi daerah ini, termasuk pernah juga diundang ke Manokwari, katanya.

 “Sebenarnya kaum ibu di sini punya bakat seni. Artinya, kalau saya buat satu merekapun bisa buat lebih dari itu,” ujarnya.

 Selama pelatihan berlangsung ada 20 jenis kue yang dibuat. Sedangkan kue basah yang berasal dari bahan-bahan lokal, seperti singkong, petatas dan keladi ada 10 macam.

 Meski kaum ibu yang mengikuti kegiatan ini dari sebelumnya mereka juga tidak tahu apa-apa, tapi setiap harinya pasti ada kemajuan. Lebih menarik lagi mereka punya semangat untuk lebih mengetahui apa saja kue yang ingin dibuatkan, tambahnya. (rim/Red)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.