banner 728x250
Sosial  

Pelaksanaan Registrasi Sosial Ekonomi Telan Anggaran 400 Triliun Lebih Setiap Tahun

Maritje Pattiwael Lapia. SE. Kepala BPS Papua Barat
banner 120x600
banner 468x60
Maritje Pattiwael Lapia. SE. Kepala BPS Papua Barat

Lensapapua – Untuk mendukung program perlindungan sosial dan pemberdayaan masyarakat, pemerintah kucurkan anggaran setiap tahunnya kurang lebih 400 Triliun untuk pelaksanaan pendataan awal Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) tahun 2022.

 

banner 325x300

Dengan dana yang sangat besar itu, tentu harapan dari pemerintah agar masyarakat bisa terbantu, jelas Maritje di Aimas Convention Centre, Rabu (28/9/2022), saat  berlangsungnya Rakor pendataan awal registrasi sosial ekonomi, yang diselenggarakan oleh BPS Kabupaten Sorong.

Kita berharap dengan adanya program ini, daya beli masyarakat bisa meningkat. Artinya, kehidupan masyarakat tidak masuk kategori terpuruk. Dengan harapan menuju masyarakat yang adil dan sejahtera.

 

Data yang dipergunakan untuk menyalurkan program-program perlindungan sosial  hingga saat ini datanya juga belum ter-update.

 

Banyak sekali data-data itu bertebaran di setiap kementerian/lembaga. Mereka memiliki data dan program.

Dengan adanya Regsosek tahun 2022 ini setiap data bisa terpadu satu pintu (satu data) perlindungan sosial dan pemberdayaan masyarakat.

 

“Bukan saja data untuk perlindungan sosial. Tapi  ke depan bisa digunakan untuk masyarakat, seperti bagi warga yang punya usaha mikro agar bisa terbantu,” beber Maritje.

 

Ketika data ini semua diolah,  maka setiap orang tercover semua daerah kabupaten/kota  di Tanah Air. Bahkan, ke depan data ini nanti bisa digunakan oleh banyak pihak.

 

Misalnya,   dari  Kemendagri bisa menggunakan data ini  menuju satu digital number.

 

Cukup menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK),  semua data apa saja yang dimiliki masyarakat akan tercover di dalamnya, pungkas Maritje. Red

 

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.