Lanal Biak Peduli Masyarakat Pesisir Yang Terdampak Covid-19

Lensapapua, Biak – Lanal Biak melaksanakan Bhakti Sosial dalam rangka Peduli Masyarakat Pesisir di Kabupaten Biak Numfor, yang terdampak pandemi Covid-19, kegiatan ini dilakukan selama 2 hari berturut-berturut, 13-14 Mei 2020.

Adapun kegiatan Karya Bhakti yang dilaksanakan, Kegiatan Peduli para Nelayan dengan Pembagian Sembako dan masker di Perairan Pantai Paray, Distrik Biak Timur. Kegiatan Program Ketahanan Pangan, dengan membagikan Pupuk, Bibit tanaman, Sembako dan Masker di Kampung Sambawofuar, Distrik Samofa, serta Anjangsana kepada Veteran dan Purnawirawan TNI AL.

Seperti diketahui bersama, sejak adanya wabah Covid-19, perekonomian serta jalur distribusi logistik barang tidak berjalan dengan normal, harga-harga kebutuhan pokok mulai menanjak naik, hal ini juga terjadi di Kabupaten Biak Numfor.

Sesuai peraturan Pemerintah Daerah, untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19 segala kegiatan dan aktifitas keseharian masyarakat Biak dibatasi, dimulai pada pukul 04.00 WIT – 17.00 WIT, sehingga berdampak kepada penghasilan menengah kebawah misalnya para pedagang, nelayan, buruh dan lainnya, untuk itu Lanal Biak turut berempati dengan melaksanakan kegiatan Bhakti Sosial.

Komandan Lanal Biak didampingi Pengurus Jalasenastri Cab 2 Korcab X DJA III serta Para Perwira Staf dan Karumkital Ghandi. AT terharu akan kegigihan para nelayan khususnya mace – mace Biak yang mengawaki perahu dengan penuh semangat dan senyuman yang tak lepas, memberi arti semangat dalam perjuangan kehidupan.

Dalam sambutannya, Danlanal Biak menyampaikan bahwa program ketahanan pangan dilaksanakan di Kampung Sambawofuar, Distrik Samofa yang tanahnya diketahui cukup subur, ini menjadi perhatian dan menjadi prioritas tersendiri untuk dapat dioptimalkan menjadi sumber pangan bagi masyarakat Biak.

“Dengan adanya ketahanan pangan ini  dapat berperan dalam menghadapi berbagai situasi yang berimbas pada perekonomian seperti halnya yang diakibatkan oleh Covid-19 di saat ini,” ujarnya.

Danlanal berharap, kedepan program sosial ini dapat berkelanjutan sehingga akan terjalin kedekatan emosional para prajurit Lanal Biak dengan masyarakat Biak, hal Ini menandakan bahwa keberadaan TNI AL bukan saja sebagai aparat penegak hukum di laut namun juga menjadi pengayom dan mitra serta sahabat masyarakat.

Sementara itu, mewakili pemuda dan masyarakat Kampung Sambawofuar, Thomas Amsamsium menyampaikan rasa terima kasih yang mendalam atas kedatangan Komandan Lanal Biak dan para prajurit serta ibu-ibu Jalsenastri yang telah memberikan perhatian dan motivasi yang cukup besar serta bermanfaat, terutama dalam program kegiatan bercocok tanam.

“Kegiatan ini sangat luar biasa karena sudah memberikan kami terobosan untuk melakukan kegiatan ketahanan pangan dalam rangka menghadapi situasi saat ini, Selama ini fasilitas yang kami gunakan sangat minim sehingga kami hanya menggunakan alat seadanya saja. Namun dengan kehadiran Bapak Komandan dan rombongan merupakan wujud dari doa-doa kami kepada Tuhan dan dikabulkan, bahwa hari ini Komandan datang dan memberikan kami bantuan berupa Sembako, bibit sayur-mayur serta peralatan lainnya,” ungkapnya.

Dalam kesempatan ini, Danlanal Biak memberikan bantuan secara simbolis kepada masyarakat Kampung Sambawofuar berupa benih keladi, kangkung, jagung, ubi jalar dan paket Sembako serta masker kain dan akan menyusul alat kerja berupa cangkul, parang dan peralatan lainnya.

Diakhir kegiatan, Danlanal Biak beserta rombongan melaksanakan anjangsana ke rumah Pahlawan Pertempuran Laut Aru Bpk. Junias Rapami dan para Veteran TNI AL untuk memberikan sembako dan masker sebagai tali asih dan penghargaan atas jasa pengabdian para sesepuh TNI AL dalam memperjuangkan NKRI.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.