banner 728x250
Sosial  

Kegiatan Pelatihan Bagi Fasilisator STBM di Kabupaten Sorong

banner 120x600
banner 468x60

Sunarwan

Lensapapua –  Kegiatan pelatihan bagi fasilisator Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM), dengan sasarannya untuk kader sanitasi desa agar kader memiliki pengetahuan  untuk melakukan pemicuan perilaku masyarakat yang dari perilaku tidak sehat menjadi perilaku sehat, ujar  Sunarwan, SKM, MPH selaku pemateri  dari Dinas Kesehatan Kabupaten Sorong pada sosialisasi STBM seluruh distrik yang ada di  daerah ini, Rabu (19/11).

banner 325x300

Kegiatan ini,  dengan harapan masyarakat dapat membuang air besar pada tempatnya atau yang lebih diintek dengan”stop buang air besar sembarangan,”ujar Sunarwan.

Kegiatan seperti ini untuk di Kabupaten Sorong dimulai sejak tahun 2009 yang disport oleh UNICEF, dan bahkan pernah dideklarasikan pada tahun 2010 oleh Bupati Sorong  di Kelurahan Klaigit.

Belajar dari itu terus kita kembangkan lagi pada 5 distrik dan 20 kelurahan/kampung.Tentu harapannya adalah kita ingin  menuju Kabupaten  Sorong stop buang air besar sembarangan.

Lanjutnya, ada dua daerah di Papua Barat, yakni Kabupaten Sorong dan kabupaten Manokwari, dan dua kabupaten di Provinsi Papua, yakni Jayapura dan Kabupaten Biak yang disebut UNICEF sebagai pilot project. Jadi, nanti keberhasilan dari dua daerah di Papua Barat ini akan bisa dikembangkan lagi pada beberapa daerah lainnya.

Ia menambahkan, Kabupaten Ende, Provinsi NTT sebagai salah daerah secara 16 yang telah mendeklarasikan stp buang air besar sembarangan sebagai referensi. Artinya, mereka di sana (Ende) tidak ada lagi masyarakat yang membuang air besar pada sembarangan tempat baik di kali atupun di kebun sudah tidak ada lagi.

Dari metode dari Kabupaten Ende tersebut akan dijadikan referensi dan kita akan menyesuaikan dengan kearifan lokal yang ada di Kabupaten Sorong.

Melalui kegiatan STBM ini, ia berharap kepada peserta selama kegiatan yang berlangsung selama tiga hari dan berakhir 21 November mendatang, dan pada hari ketiga tersebut peserta akan turun ke lapangan.  Selanjutnya,  mereka bisa aplikasikan ke tempatnya masing-masing, dengan harapan tujuan kita agar Kabupaten Sorong stop buang air besar sembarangan bisa segera tercapai, pintanya. (rim/Red)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.