Kadistrik Sayosa Timur Siap Benahi Sarana Infrastruktur

Yulius Balinsa.

Lensapapua – Distrik Sayosaa Timur yang merupakan pemekaran dari Distrik Sayosa, dengan kondisi terisolir, maka setelah saya dilantik oleh Wabup Sorong pada 16 Januari 2015 lalu,  kata Yulius Balinsa, S.Pd, dirinya akan siap membenahi sarana infrastruktur jalan untuk menguhubungkan dari kedua distrik yang berjarak lebih kurang 30 kilometer, ujarnya di Aimas, Senin (26/1).

Kami perlu seriusi dengan adanya beberapa kontraktor yang sudah masuk ke distrik ini, bahkan permintaan dari warga setempat untuk mempercepat pembangunan akses jalan yang menghubungkan baik dari Sayosa ke Sayosa Timur, Distrik Maudus maupun hingga ke Distrik Snuook, terutama jalan poros yang harus diutamakan, bebernya.

Program lainnya, yakni dengan memperhatikan kondisi Kampung Sailala yang dijadikan ibukota Distrik Sayosa Timur perlu ditata secara baik, termasuk rencana pembangunan pusat pemerintahan yang ada di distrik ini tentunya kita akan berkoordinasi dengan instansi terkait.

Selain itu, dari sisi kehidupan masyarakat yang ada di beberapa kampung masih dianggap tidak mampu, yang tentunya bagaimana upaya kita bisa memberdayakan mereka agar bisa menata dalam kehidupannya. “Lebih penting lagi yang perlu kita benahi termasuk kebutuhan akan air bersih. Mengingat di wilayah ini letaknya di daerah dataran tinggi,  sehingga dalam rangka memenuhi kebutuhan akan air bersih, mereka harus turun menimba air dengan jarak lebih kurang 500 meter,”ucap Yulius.

Ada kampung, yakni Kampung Kladuk letaknya di pesisir pantai. Jika kita ke Kabupaten Sorong Selatan harus melewati kampung itu dan di itu juga pusat mata airnya. Kampung lainnya, seperti Kampung Klawon yang letaknya 5 kilometer menju ibukota distrik di Sailala. Ada Kampung Klauwog, yaitu  perbatasan antara Distrik Sayosa dengan Distrik Sayosa Timur. Berikutnya, Kampung Klakak letaknya antara Distrik Maudus dan Distrik Sayosa Timur.

Setelah  dilantik kemarin, ujar Yulius, saya langsung mengadakan rapat dengan masyarakat empat kampung yang sementara ditata dari 6 kampung yang ada baru dua kampung yang sudah definitif, dengan luas wilayah Distrik Sayosa Timur  diperkirakan berkisar sekitar 388 kilometer persegi katanya.

Jadi, untuk 4 kampung yang belum definitif ini, saya akan berkoordinasi dengan Bagian Pemerintahan Setda Kabupaten Sorong yang sudah diusulakn untuk bisa di SK-kan, sehingga para kepala kampung bisa segera dilantik. Pungkasnya. (Red)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.