Kader Posyandu Harus Dibekali Dengan Ilmu Yang Memadai

Wabup Sorong Suka Hardjono serahkan piala

Lensapapua – Wakil Bupati Sorong Suka Hardjono, S.Sos, M.Si mengemukakan kegiatan jambore kader posyandu memiliki nilai positif dalam rangka membekali para kader khususnya kepada ibu hamil dan anak.

Selaku pemerintah daerah, kata Wabup Suka Harjono agar ke depan perlu ditingkatkan lagi sebagai bahan evaluasi setelah turun ke masing-masing wilayah, dan tahun depan akan kita evaluasi kembali dengan implementasi ilmu pengetahuan yang diperoleh selama mengikuti kegiatan ini, jelasnya, Kamis (23/10).

Bahan evaluasi dimaksud baik secara administrasi maupun realita yang ada di lapangan. Dengan demikian kader posyandu sebagai tulang punggung kita yang ada di masyarakat, baik menimbang bayinya bagaimana, pengatutan menu makanan bayi modelnya seperti apa. Jadi semuanya diajarkan dalam kegiatan ini.

“Yang lebih penting adalah  melalui jambore kader posyandu ini sebagai ajang silaturahim atau pertemuan di antara kader sehingga dapat mempererat tali hubungan atau saling mengenal satu sama lain di wilayahnya yang mempunyai karakteristik yang berbeda-beda. Bahkan apa yang mereka peroleh di sini bisa diterapkan di lingkungan mereka masing-masing,” bebernya.

Pelayanan posyandu ini sebenarnya azas kemanusiaan saja dimana para kader tidak pernah digaji atau pemberian insentif dari pemerintah daerah, tetapi  dengan kesadaran yang tumbuh dan berkembang  karena rasa kemanusiaan seperti ini untuk menumbuhkan spirit dan dukungan pemerintah memberikan ilmu pengetahuan yang akan diterapkan di lapangan.

“Sebenarnya pekerjaan seperti ini merupakan pahlawan tanpa tanda jasa. Artinya, pekerjaan ini betul-betul mengabdi kepada masyarakat  dan itu yang kita harapkan,” pintanya.

Ia berharap kepada kader posyandu bisa menumbuhkembangkan, dan bisa melakukan regenerasi yang bisa menurunkan kepada saudara-saudara yang lain agar ikut keterpanggilan rasa kemanusiaan bagi masyarakat yang ada di lingkungan tersebut dengan tanpa adanya imbalan jasa. Yang   diharapkan posyandu ini bisa bersentuhan langsung dengan masyarakat yang memperoleh jasa pelayanannya. (rim/Red)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.