Jaga Kelestarian Hutan Demi Keseimbangan Ekosistim Habitat Yang Ada Didalamnya

Bupati Sorong saat membacakan Amanah Menteri Kehutanan

Lensapapua – Fungsi kawasan hutan  kita setiap tahunnya berkurang.dengan adanya  penggunaan kawasan hutan untuk berbagai kegiatan, baik itu secara langsung ataupun tidak langsung, kata Bupati Sorong, Dr. Stepanus Malak, M.Si, Senin (16/12).

Berkurangnya lahan hutan tersebut, di antaranya digunakan oleh kaum tani untuk berkebun termasuk membuka ruas-ruas jalan baru dalam meningkatkan infrastruktur dasar pembangunan. Juga, kegiatan di bidang perkebunan, selain sebagai lahan pertambangan serta pengembangan pemukiman perkotaan dan pedesaan. “Hal itu akan berdampak luas bahwa kawasan hutan itu akan berubah fungsinya,” katanya.

Dalam Keppres maupun Keputusan Menteri Kehutanan, ada yang namanya hutan lindung, cagar alam dan lain sebagainya, tapi yang perlu kita ketahui di dalamnya itu ada masyarakat adat yang mengatur hak warisan. Untuk itulah masyarakat perlu diberi pemahaman agar bisa mengetahui secara menyeluruh fungsi kawasan hutan untuk mempertahankan ekosistim maupun keseimbangan berbagai  habitat yang ada di dalamnya   menjadi tanggungjawab kita bersama,ujarnya.

Bupati Sorong saat melakukan penanaman bibit pohon

Untuk mendukung program pemerintah tersebut dengan menanam 1 miliar pohon maka kita harus memulai menanam pohon dengan penuh kesadaran baik dari kita secara pribadi maupun bagi masyarakat secara umum.demi kelestarian sumber daya alam disekitar kita.karena hutan kita di papua ini masih sangat bagus jika dibandingkan dengan lainnya.

Ia mencontohkan, bagi Negara-negara maju ada kawasan khusus didalam kota untuk hutan dan kesadaran mereka akan keseimbangan hutan itu cukup tinggi. Sementara dinegara kita masyarakat masih sangat perlu diberi pemahaman secara komprehensif agar dapat mengerti fungsi serta menjaga keseimbangan alam tersebut.

Sering terjadi di wilayah mana saja, ketika musim hujan airnya keruh terjadinya banjir dan saat kemarau panjang airnya kering. Hal ini disebabkan adanya kekurang pahamnya masyarakat secara umum, maka“Kegiatan seperti ini harus dilakukan secara terus menerus dan  berkesinambungan, dan jangan hanya sampai sebatas di sini saja. Dengan harapan akan berdampak baik pula bagi lingkungan di mana kita berada, “ Harap Bupati .

Melalui kegiatan ini mari kita lakukan kegiatan yang positif melalui gemar menanam dan kita lakukan secara terus menerus maka akan memberi dampak positif dalam kelangsungan  hidup kita dengan tetap menjaga keseimbangan  alam yang terus terpelihara demi masa depan dan generasi kita di masa kini maupun dimasa yang akan datang, tambahnya. (rim/Red)

 

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.