Bupati Sorong: Cegah Konflik Butuh Peran Semua Elemen Masyarakat

Bupati Sorong DR. Drs. Stepanus Malak. M.Si., bersama Kakandep Kementrian agama kab Sorong, Syarana Mual.

Lensapapua – Bupati Sorong Dr. Stepanus Malak, M.Si, usai membuka workshop pencegahan konflik, kepada sejumlah awak media mengatakan untuk mencegah terhadap suatu konflik dibutuhkan peran serta dari semua elemen masyarakat yang ada di daerah ini, ujarnya, Kamis (2/6).

Selama ini jika ada hal-hal yang dapat menganggu kestabilan masyarakat, dimana FKUB (forum kerukunan umat beragama) setempat terus lakukan kerja sama dengan pihak terkait  dengan ada suatu hal yang  meski dilihat sepele, tapi kalau bisa membias ke mana-mana akan mejadi masalah. Jadi kita harus menyikapinya dengan cepat dan tepat dalam mengatasi hal tersebut, aku Malak.

“Kita berupaya bagaimana semua elemen masyarakat terus termotivasi dengan hal-hal  positif yang merasa aman dan nyaman dalam lingkungan sosial kemasyarakatan itu sangat penting dilakukan , sehingga segala permasalahan sekecil apapun segera ditangani dengan baik pula,” tutur Bupati Malak.

Urusan pembinaan kemasyarakatan itu yang terus kita dukung agar bagaimana bisa memfasilitasi para tokoh agama untuk bekerja sesuai dengan lingkup kerjanya, sehingga semua akan merasa aman itu yang paling penting harus terus kita lakukan. Terutama kepada masyarakat yang masih dalam tanda kutip bisa dikategorikan belum berkembang untuk membentuk pola pikir mereka kepada hal-hal yang bersifat positif menuju suatu nilai kebaijikan.

Hal itu juga harus dibarengi dengan perhatian kita kepada  masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraannya dari berbagai aspek kebutuhan, baik penanganan masalah pendidikan anak, penanganan di bidang kesehatan maupun pemberdayaan ekonomi masyarakat itu yang harus kita perjuangkan.

“Dengan demikian, apabila tuntutan kebutuhan masyarakat itu sudah bisa teratasi dengan baik maka secara otomatis  tak akan ada timbul suatu gejolak sosial di lingkungan masyarakat itu sendiri,” tambahnya. (rim/red)

 

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.