Panen Raya Padi Bantu Ketahanan Pangan Masyarakat Kabupaten Sorong

Bupati Sorong, Pangko Armada III beserta rombongan saat melakukan panen raya Padi di Aimas Kabupaten Sorong

Lensapapua –  Panglima Koarmada III Laksana Muda Dadi Hartanto mengungkapkan,  pelaksanaan panen raya padi Lahan Ketahanan Pangan Pangkalan Utama TNI AL XIV Sorong di Kelurahan Malawele, Distrik  Aimas, Jum’at (12/3-2021), sebagai bentuk kepedulian jajaran TNI AL yang ada di wilayah ini dalam rangka membantu, termasuk mengatasi pangan bagi  Pemkab Sorong pada masa pandemi Covid-19.

 

“Jadi, bukan padi saja yang dikelola. Ada jenis umbian seperti petatas, sayuran dan budidaya ikan juga menjadi sektor penting menunjang ketahanan pangan yang ada di daerah ini,” sebut Panglima Koarmada III.

Termasuk pupuk juga sedikit mengalami kendala, dimana tadi sudah saya sampaikan ke Bupati Sorong bahwa untuk angkutan dari Surabaya nanti akan kita bantu melalui armada yang ada.

 

Untuk pendistribusiannya sendiri kita lebih utamakan masyarakat di Sorong saja.

 

Sementara itu, Danlantamal  XIV Sorong Brigjen TNI ( Mar) Markos mengatakan,  untuk estimasi biaya yang dibutuhkan pada area sawah seluas 2 hektare ini  sekitar Rp 10 juta saja.

Sedangkan untuk membantu mengelola lahan persawahan ada 30 personil TNI AL bersama masyarakat kelompok tani setempat  saling bahu membahu.

 

Di tempat yang sama Bupati Sorong Johny Kamuru menyampaikan, apresiasi dan terima kasih kepada Panglima Koarmada III, Danlantamal XIV Sorong  bersama jajarannya, yang telah melakukan kerja sama yang baik dengan Pemkab Sorong.

 

Karena ini merupakan program pemerintah pusat untuk ketahanan pangan apalagi dengan situasi pandemi Covid-19 ini tidak ada cara lain. Selain ada perhatian dari pemerintah untuk mengatasi masalah ketahanan pangan menjadi salah satu sektor penting untuk terus didorong dalam pemenuhan kebutuhan masyarakat, jelas Bupati Johny Kamuru.

 

Dengan cara ini bagaimana bisa merubah mindset (pola pikir) masyarakat kita yang ada di wilayah Aimas ini, karena generasi kita sekarang  untuk tanam padi sudah hampir tidak ada.

 

Dengan adanya kerja sama dengan Koarmada III maupun Lantamal XIV ini sebenarnya memberi gairah  atau motivasi agar para petani kita,  terutama generasi yang sekarang ini bisa  kembali tanam padi maupun jenis tanaman lainnya, tambah Johny Kamuru. (rim/red)

 

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.