Pemkab Sorong-Kejari Gelar “Sosialisasi Fungsi & Peran Kejaksaan Dalam Pengamanan Pembangunan Strategis

Lensapapua –  Bertempat diaula Baperlitbang, Pemkab Sorong bersama Kejaksaan Negeri Sorong selenggarakan kegiatan “Sosialisasi Fungsi dan Peran Kejaksaan dalam Pengamanan Pembangunan Strategis (PPS) diwilayah Pemkab Sorong,

 

Kegiatan ini dihadiri Wakil Bupati, Sekretaris daerah, Kajari dan seluruh pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) se- Kabupaten Sorong. Senin (21-06/21)

 

Wakil Bupati Sorong Suko Harjono, S.Sos. M.Si., dalam sambutannya menyampaikan, pembangunan strategis dikabupaten Sorong cukup banyak,  beberapa diantaranya yaitu pembangunan sarana prasarana Infrastruktur Jalan, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dan penerangan listrik.

Fhoto bersama Wakil Bupati, Sekda, Plt Inspektorat, Kajari dan staf. Usai melakukan kegiatan sosialisasi.

Pembangunan Strategis ini sesuai dengan Nawa Cita Presiden RI Joko Widodo,  sehingga kita perlu menggandeng  Kejaksaan negeri untuk melakukan pengamanan dan pengawalan, supaya anggaran yang disediakan untuk pembangunan tersebut mulai dari perencanaan, pelaksanaannya bisa tepat sasaran dan tepat waktu. kata Suko.

 

Lanjut Suko, kriteria-kriteria yang cukup penting untuk dilakukan pengawalan seperti : ganti rugi hak Ulayat masyarakat harus tepat sasaran, sesuai data yang akurat. Termasuk pelaksanaan pembangunannya, Sehingga tidak menimbulkan persoalan dikemudian hari. Kata Suko.

 

Jadi ketika kita sudah turut melibatkan pihak Kejaksaan dalam melakukan pengawalannya sejak awal, maka secara tidak langsung kita sudah bisa meminimalisir permasalahan-permasalahan yang akan muncul dikemudian hari. Pungkas Suko.

 

Sementara Kepala Kejaksaan Negeri Sorong Erwin Saragih. SH.MH., menjelaskan, peran Kejaksaan dalam penanganan pengamanan pembangunan strategis ini sangat penting sekali. Sehingga pelaksanaan pembangunan bisa berjalan dengan baik sesuai harapan.

 

Dengan adanya pengawalan sejak dini, kita bisa meminimalisir kesalahan-kesalahan, tidak seperti zaman sebelum nya. Apa bila ada tindak kesalahan, langsung dilapor ke Kejaksaan, tapi dengan sistim pengawalan ini, apa bila terjadi kesalahan, baik itu dari OPD terkait ataupun pihak ketiga, maka kami dari pihak Kejaksaan bisa segera menegur ataupun memperbaikinya. Kata Erwin

 

Dengan adanya kerjasama ini, semua pihak akan diuntungkan, dan dengan demikian kita sudah turut membantu pemerintah daerah melaksanakan program Nawa Cita Presiden RI diranah yang kita cintai ini. Pungkas Erwin. Red

 

 

 

 

 

 

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.