banner 728x250 banner 728x250

Siap Siaga Hadapi Fenomena Bencana, Polres Sorong Aimas Gelar Apel Pasukan

banner 120x600
banner 468x60

Lensapapua –  Dalam rangka menghadapi fenomena terjadinya bencana alam di akhir tahun 2002 dan di tengah pandemi covid-19, Polres Sorong Aimas selenggarakan apel pasukan dihalaman Mako Polres bersama BPBD Kabupaten Sorong, PMI, unsur TNI, Satpol PP serta Pol Air. Kamis (17-11/22)

banner 325x300

 

Kapolres Sorong AKBP. Iwan P. Manurung. S.Ik,. bertindak sebagai komandan apel mengatakan,  kita harus menyikapi secara sungguh-sungguh dengan siap siaga waspada dan antisipasi sedini mungkin di wilayah daerah Papua Barat.

 

Dalam hal ini memiliki potensi banjir bandang dan tanah longsor dengan segala akibat dan dampak yang dapat menimbulkan jatuhnya korban jiwa maupun kerugian materi dapat ditekan sekecil mungkin.

Melalui apel kesiapsiagaan beserta seluruh jajarannya diharapkan benar-benar mampu mempersiapkan diri secara maksimal dengan seluruh sumber daya yang dimiliki baik personil maupun sarana dan prasarana untuk berperan secara aktif dalam rangka penanggulangan bencana alam dan penyebaran virus covid 19.

 

Dalam kesempatan ini pula saya mengucapkan rasa Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh peserta yang telah hadir untuk bersama-sama, siap siaga menghadapi ancaman terjadinya bencana alam di wilayah Provinsi Papua Barat.

 

Sebelum mengakhiri amanatnya Kapolres menyampaikan beberapa penekanan untuk dijadikan pedoman dalam pelaksanaan tugas akan kesiapan penanggulangan bencana alam di tengah pandemi konvensional sebagai berikut :

 

Untuk segera mempersiapkan seluruh administrasi atau film yang dibutuhkan terkait dengan kesiapan penanggulangan bencana alam.

 

Mempersiapkan segala sarana dan prasarana serta bentuk satuan tugas inti dan cadangan yang sewaktu-waktu dapat digerakkan ke lokasi terjadinya bencana dengan menerapkan protokol kesehatan.

 

Mempetakan serta memantau setiap perkembangan situasi yang terjadi pada daerah-daerah yang dianggap rawan terjadinya bencana yang penyebaran covid 19.

 

Melakukan sambang dan beri himbauan kepada warga masyarakat pada daerah yang potensial terkena dampak bencana dengan mempedomani protokol kesehatan.

 

Menjalin koordinasi atau sinergi dengan seluruh instansi atau pihak-pihak yang terkait khususnya yang berhubungan dengan informasi dini terjadinya bencana dengan pencegahan penyebaran konflik dan melakukan tindakan lainnya yang bersifat persuasif

 

Melaksanakan pelatihan bersama dalam penanganan bencana alam dan penanganan konflik 19 bagi personel Polda Papua Barat dan jajaran beserta instansi terkait lainnya. Tutup Kapolres. Red

 

 

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.