Sekda Kabupaten Sorong Buka Sosialisasi Mekanisme Transfer Ke Daerah

20150319_101558

Lensapapua – Bupati Sorong, melalui Sekda Dr. Ir. Albertho H. Solossa, M.Si, membuka sosialisasi mekanisme alokasi pelaksanaan pertanggungjawaban transfer ke daerah, dan dana sisa dana tahun 2015.

Pada kesempatan itu, ia menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas perhatian  kepada Pemkab Sorong, dimana  Direktur Dana Perimbangan bersama jajarannya yang datang melakukan kegiatan ini tentu perlu dipahami bersama terutama terkait dengan pertanggungjawaban dana-dana tersebut kiranya dapat berjalan dengan baik, ujarnya di Aimas, Kamis (19/3).

“Maksud dan tujuan dari sosialisasi ini adalah memberikan pengarahan secara langsung mengenai mekanisme pelaksanaan, dan pertanggungjawaban transfer ke daerah dan dana desa. Dengan harapan pada pelaksanaan penyerapan berbagai dana tersebut dapat dipertanggungjawabkan, sesuai dengan ketentuan yang sudah ditetapkan,” jelas Solossa.

Struktur APBD yang diatur Dalam Permendagri Nomor 13 Tahun 2006 tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah, yakni  menempatkan pos-pos penerimaan daerah, yang terdiri dari pendapatan asli daerah,  dana perimbangan, transfer dan lain-lain pendapatan daerah yang sah. Dari tahun ke tahun realisasi pendapatan maupun anggaran daerah masih berasal dari pos dana perimbangan.

Oleh karena itu, dalam pelaksnaan pembangunan di daerah adalah tergantung pada dana perimbangan maupun dana transfer daerah. Lewat sosialisasi ini, kita akan memberikan pemahaman yang mendasar terkait dengan alokasi mekanisme penyaluran dana ke daerah dan pertanggungjawaban.

Sehubungan dengan itu, ia berharap kepada para pimpinan SKPD maupun staf yang ada dapat mengikuti sosialisasi ini dengan baik, sehingga bisa menjadi panduan untuk tugas-tugas kita ke depan.

Kepada SKPD yang menangani dana desa ini,  diharapkan dalama pelaksanaannya bisa berjalan dengan baik, imbaunya. (rim/Red)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.