banner 728x250

Rakor FKUB di Kabupaten Sorong Sebagai Bahan Evalusi Bersama

banner 120x600
banner 468x60

H.Anderson Miyage

Lensapapua–  Ketua FKUB (forum kerukunan umat beragama ) Kabupaten Sorong H. Anderson Miyage, S,Pd.I,  mengatakan dari hasil rakor tadi merupakan tindaklanjut untuk mengevaluasi bersama antara FKUB, Kominda dan pemda setempat terhadap kegiatan yang sudah dilakukan maupun yang akan datang, ujarnya, Kamis (20/11).

banner 325x300

“Yang kita sikapi pertama saat ini, yakni dengan adanya keputusan pemerintah menaikan BBM, dimana bagi kami di Kabupaten Sorong merupakan suatu yang biasa-biasa saja, tapi bagaimana ke depan sebagai satu kesatuan dalam menyikapi bangsa Indonesia semakin baik,” ujar Miyage.

Hal lain yang menjadi bahan perhatian kita di FKUB ini, ujar Miyage,  yakni bagaimana kita bisa menyikapi dalam rangka memasuki 1 Desember hingga pelaksanaan pesta Natal dan Tahun Baru 2015, yang tentunya kita mendorong kepada kaum Nasrani untuk melaksanakan peribadatannya sesuai dengan jadwal. Sedangkan yang bukan Nasrani bisa  tetap mendukung dalam  menjaga keamanannya.

Begitu pula dari aparat Polres Sorong melalui Kasat Intel AKP. Verry Bakaru, mereka siap menempatkan personilnya pada semua titik atau lokasi gereja yang ada. Bahkan tugas pengaman tersebut dilaksanakan menjadi rutinitas setiap tahun dari semua agama yang merayakan hari besar keagamaannya.

Ia menambahkan, Kabupaten Sorong sebagai kota kita bersama. Artinya, dalam sisi pengamanan semua masyarakat yang ada untuk ikut ambil bagian dalam pengamanannya. Dengan demikian, daerah yang identik dengan zona damainya itu dapat terpelihara secara baik dan berkesinambungan, pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama melalui Kasie Penyelenggara Budha mengatakan  sebagai daerah yang telah dicetuskan sebagai zona damai, kami kembali teringat dengan tri Kerukunan agama disebutkan, bahwa ada hubungan intern agama, hubungan antara umat beragama serta hubungan antar umat beragama dengan pemerintah. Dari ketiga pilar tersebut bagaimana menyikapi kerukunan tersebut, dan sampai sejauh mana bentuk dukungan pemerintah sehingga semuanya bisa tercipta di daerah ini, tambahnya.  (rim/Red)

 

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.