PSLB3 Sosialisasi Pengembangan Bank Sampah Di Biak

banner 120x600
banner 468x60

Lensapapua, Kementrian Lingkungan hidup dan kehutanan Republik Indonesia melalui Direktorat Jenderal Pengeloaan Sampah, Limbah dan Bahan Beracun Berbahaya (PSLB3) mengadakan sosialisasi pengembangan Bank sampah dalam rangka program infrastruktur hijau di kabupaten Biak Numfor, bertempat di Aula GKI Elohim-Snerbo, Sabtu (13/10/18).

banner 325x300

Kegiatan ini juga bekerjasama dengan Komisi VII DPR RI yang membidangi lingkungan hidup serta masyarakat peduli sampah. Pelaksanaan kegiatan ini berupa pemberian alat angkut sampah sekaligus Dialog bersama komunitas peduli sampah serta Bimbingan teknis Bank sampah yang ada di Kabupaten Biak Numfor.

Dalam Sambutannya Plt Bupati Biak Numfor, Herry Ario Naap, S.Pd, M. Si melalui Kepala Dinas Lingkungan Hidup Biak Numfor, Iwan Is Mulyanto menyampaikan apresiasi dan ucapan terimakasih atas terlaksananya kegiatan ini.

“Salah satu bentuk pengelolaan sampah berbasis Circular Ekonomy yang kini lazim di lakukan ialah melalui program Bank sampah,” Ujar Plt Bupati dalam sambutan tertulisnya.

Menurutnya Bank sampah merupakan salah satu wujud pengembangan ifrastruktur hijau yang dapat mengatasi permasalahan sampah, program Bank sampah merupakan bagian dari rekayasa sosial untuk mengajak masyarakat dapat memilah sampah dari sumbernya sehingga sampah yangbernilai ekomomi dapat di tabung di Bank sampah.

“Di Biak telah memiliki Bank Sampah Induk yang di beri nama “Bank Sampah Biak” (BSB) dan telah mempelopori 4 Bank Unit Sampah (BUS) yakni Bus Weari di Kampung Sorido, Bus Kandik di Kampung Babrimbo, Bus Karyendi di Kampung Karyendi dan Bus Mandala Plastik di kelurahan Mandala,” Jelas Plt Bupati.

Plt Bupati mengucapkan terimakasih terkait bantuan motor roda tiga yang telah diberikan agar bisa dimamfaatkan sebaik baiknya untuk mendukung pengelolaan sampah melalu program Bank sampah, dan semoga sosisalisasi yang di berikan ini dapat di ikuti dan di manfaatkan dengan baik oleh masyarakat.

Sementara itu Direktur Jendral PSLB3, Rosa Vivien Ratnawati, yang di wakili oleh Kepala Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion (P3E) Papua, Drs. Ir. Wirjono Koesmoedjiharjo menyampaikan kiranya dalam Program pembinaan teknis Bank Sampah ini, masyarakat akan mendapatkan pengetahuan dan ketrampilan pengeloaan sampah.

“Saya berharap kegiatan ini dapat memicu kegiatan yang kolektif melalui partisipasi masyarakat, komunitas Bank sampah dan pemeritah daerah untuk peduli terhadap lingkungan melalui pengelolaan sampah yang baik dan benar,” pungkas Direktur Jendral PSLB3. red

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.