Polres Biak Gelar Apel Gabungan Kesiapsiagaan Tanggap Bencana 

Lensapapua, Biak – Polres Biak Numfor melaksanakan Apel Gabungan Kesiapsiagaan Dalam Rangka Mengantisipasi Bencana Alam Tahun 2020 Kabupaten Biak Numfor di Lapangan Apel Bhayangkara Mapolres Biak, diikuti oleh kurang lebih 200 orang yang terdiri dari TNI – Polri serta gabungan Lintas Sektor , Jumat (13/11/2020).

Dalam Amanat Bupati Biak Numfor, selaku inspektur upacara yang diwakilkan oleh Asisten II Setda Biak Numfor, Ferry Betay menyampaikan bahwa Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah mengajak seluruh lembaga swadaya masyarakat dan semua pihak terkait dalam hal kesiapsiagaan, untuk turut bersama-sama berupaya semaksimal mungkin meningkatkan partisipasi dan peran aktif komunitas dan masyarakat dalam upaya penanggulangan bencana.

Apel Kesiapsiagaan antisipasi menghadapi Bencana Alam Tahun 2020 Kabupaten Biak Numfor ini juga merupakan momentum yang tepat bagi satuan pelaksana penanggulangan bencana untuk melakukan sinergi dan konsolidas Polres Biak Numfor melakukan antisipasi untuk meminimalisir dampak-dampak yang akan timbul dari bencana.

“Apel Kesiapsiagaan Mengantisipasi Bencana Alam Tahun 2020 Kabupaten Biak Numfor pada hari ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran seluruh elemen masyarakat terhadap musibah bencana yang juga menjadi ancaman baik bagi stabilitas pemerintah daerah maupun nasional,” ungkapnya.

Sementara itu, Kapolres Biak Numfor, AKBP Andi Yoseph Enoch, SIK mengatakan bahwa pelaksanakan Apel Gabungan ini diikuti dari pihak kepolisian, TNI, Basarnas, serta pemerintah daerah dan Lintas Sektor lainnya, dilaksanakan sebagai bentuk kewaspadaan untuk menyiapkan personel dan juga peralatan kalau manakala terjadi bencana.

“Situasi saat ini yang mungkin perlu kita waspadai bersama karena sekarang adanya perubahan cuaca, kalau kita ikuti di pemberitaan dan informasi prakiraan cuaca sekarang kan kita sudah memasuki masa La- Nina, jadi kita juga perlu antisipasi, perlu kita waspadai juga terkait dengan menyangkut masalah bencana,” ujar Kapolres kepada Wartawan usai pelaksanaan Apel.

Menurutnya beberapa hal yang harus diwaspadai masyarakat Biak Numfor adalah terkait situasi laut dan perubahan cuaca, rawan gempa bumi dan Tsunami, untuk itulah pelaksanaan Apel Gabungan kesiapsiagaan ini dilaksanakan bersama dengan Lintas Sektor.

“Kita di Biak, mungkin ada beberapa hal, yang perlu kita waspadai, pertama kita lihat situasi laut dan perubahan cuaca, terutama mungkin karena kita di sini rawan gempa bumi dan juga mungkin tsunami jadi ini yang perlu kita waspadai sehingga manakala terjadi bencana kita sudah bisa tanggap dengan situasi seperti ini,” Kata Kapolres.

Melalui kesempatan ini Kapolres Biak Numfor menghimbau agar masyarakat bisa terus waspada dalam melaksanakan aktifitas sehari-hari serta bisa melihat perubahan-perubahan cuaca yang terjadi saat ini sehingga bisa mengantisipasi kemungkinan terjadinya bencana alam.

“Saya yakin masyarakat pasti tahu bagaimana perubahan cuaca yang terjadi, misalnya ada tanda-tanda alam itu juga bisa di diwaspadai, kalau memang tidak memungkinkan beraktifitas, misalnya kita pergi ke laut untuk aktivitas apakah sebagai nelayan atau kapal pelayaran, kalau memang tidak perlu tidak usah melaksanakan pelayaran ataupun aktivitas sehari-hari jika melihat adanya tanda-tanda alam yang kurang baik,” pungkas Kapolres.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.