Peningkatan Swasembada Pangan Butuh Peran Semua Pihak

Lensapapua – Peningkatan swasembada pangan secara nasional tentu dibutukan peran serta dari semua pihak, baik pemerintah pusat, provinsi maupun di tingkat daerah.

 

Sebagaimana yang telah tertuang pada Renstra (rencana strategis) Kementerian Pertanian tahun 2014, dengan mencanangkan 4 target utama, yaitu pencapaian swasembada dan swasembada berkelanjutan, peningkatan disertifikasi pangan, peningkatan nilai tambah daya saing impor serta meningkatkan kesejahteraan petani.

 

Demikian sambutan  Bupati Sorong Dr. Johny Kamuru, pada acara panen padi dan penyerahan alat pertanian di Aimas, Selasa (19/12).

 

Selanjutnya, Kementan memegang amanah untuk dapat surplus  swasembada beras di tahun 2015. Penanganan pasca panen merupakan upaya yang sangat strategis dalam rangka mendukung surplus pangan dan swasembada beras yang berkelanjutan, beber Kamuru.

 

Kontribusi penanganan pasca panen terhadap peningkatan produksi padi dari penurunan susut hasil.

 

Ia menambahkan, salah satu visi misi yang menjadi komitmen saya selaku bupati ingin mengembangkan dan mempertahankan produksi padi, dengan cara lahan-lahan yang selama ini belum dikelola secara baik untuk difungsikan semuanya.

 

Untuk itu, ia berharap kepada Kadis Pertanian Kabupaten Sorong  bersama jajarannya memberikan dukungan berupa grand strategi rencana pengembangan di bidang pertanian ini, sehingga ke depan kita bisa mempertahankan berbagai hasil yang telah dicapai, imbau Bupati Kamuru.

 

“Jadi dari lahan-lahan yang ada tidak boleh dialihfungsikan. Seperti yang kita lihat pembangunan perumahan di unit 1 Aimas, karena di kawasan itu merupakan areal persawahan, sehingga hal itu langsung saya hentikan dan fungsi lahannya kita harus kembalikan sesuai peruntukan,” tegasnya.

 

Saya berharap kepada kepala organisasi perangkat daerah para petani maupun penyuluh lapangan pertanian untuk sama-sama membantu bupati. “Saya tidak bisa kerja sendiri, dan keberhasilan saya selaku bupati tentu ada
dukungan dari saudara-saudara, pinta Kamuru.

 

“Kita bekerja secara maksimal sesuai komitmen, sehingga ke depan daerah kita ini akan lebih baik lagi,” tambahnya.

 

Sementara itu, secara terpisah Kepala Dinas Pertanian Benyamin A Hallatu mengatakan, dengan adanya bantuan peralatan pertanian ini baik mesin panen maupun alat perontok padi ini diharapkan bisa dirawat dengan baik.

 

Mengingat pekerjaan kita ke depan akan semakin banyak yang diharapkan bagaimana peran dan tugas  pekerjaan kita di bidang pertanian ini ada peningkatan dari waktu ke waktu.

 

Lahan-lahan yang masing produksif akan terus kita pertahankan. Saya akan terus berkoordinasi dengan Bappeda kawasan mana saja yang harus dipertahankan, tutupnya. (Rim/red)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.