Site icon Lensapapua.com

Pemkab Sorong Selenggarakan Giat Pembinaan Kampung KB di Kelurahan Warmon Distrik Aimas

DR. Wa Ode Likewaty, mewakili Pj. Bupati Sorong

Lensapapua  – Pemkab Sorong melalui dinas P2KBP3A selenggarakan kegiatan pembinaan kampung KB Dikelurahan Warmon distrik Aimas Kabupaten Sorong, dalam rangka percepatan penurunan angka Stunting tahun 2023.

 

Kegiatan ini bersinergi antara dinas P2KBP3A dengan BKKBN Perwakilan Papua Barat dan Papua Barat Daya, para kader Posyandu dan mitra kerja, Selasa ( 20-06/23)

 

Mewakili Pj. Bupati Sorong, Staff ahli bidang Sumber Daya Manusia ( SDM ) DR. Wa Ode Likewaty dalam sambutannya mengemukakan, tujuan terbentuknya kampung KB untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat ditingkat kampung.

 

Atau setara, melalui program kependudukan, Keluarga Berencana dan pembangunan keluarga serta pembangunan disektor lainnya untuk mewujudkan keluarga kecil yang berkulitas, ujar Wa Ode

 

Lanjut dijelaskan Wa Ode, selain meningkatkan peran serta pemerintah, lembaga non pemerintah dan swasta dalam memfasilitasi, mendampingi serta membina masyarakat untuk menyelenggarakan program KKBPK serta meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pembangunan berwawasan kependudukan.

 

Ada tiga syarat pokok dibentuknya kampung KB dalam satu wilayah, yakni

1. Tersedianya data kependudukan yang akurat, 2. Dukungan dan komitmen pemerintah daerah dan ketiga adalah partisipasi aktif dari masyarakat itu sendiri, jelas Wa Ode

 

Menurut Wa Ode, pemerintah selalu siap mengawal dan mendukung setiap program baik ditingkat nasional maupun ditingkat daerah, dalam rangka percepatan penurunan Stunting.

 

Oleh sebab itu, Kepada seluruh pengurus yang ada sebanyak 70 kampung KB dikabupaten Sorong, dihimbau untuk selalu dapat berperan aktif serta berkolaborasi bersama stakeholder terkait, untuk terus mengawal program ini secara baik dan bertanggungjawab, demi pencapaian tujuan bersama.

 

Karena satu kampung KB dapat dikatakan berkembang dan berhasil jika ada komitmen dan pembinaan yang dilakukan oleh pemerintah melalui dinas terkait.

 

Melalui pelaksanaan kegiatan ini, diharapkan dapat memberikan hasil yang positif yang dicapai, serta pelaksanaan kegiatan seperti ini harus lebih ditingkatkan, agar setiap kampung KB dapat terus dibina, Sehingga kehadiran pemerintah, dapat benar benar dirasakan seluruh masyarakat.

Dalam kegiatan dikampung Warmon

Dan kepada seluruh kepala distrik dan kepala kelurahan dihimbau untuk terus aktif dalam mengawal program fasilitasi dan pembinaan dikampung KB dengan baik.

 

Serta terus melakukan pendataan jumlah kampung KB dimasing masing distrik, lurah dan kampung, agar setiap kampung KB yang ada didaerah ini benar benar memiliki data yang akurat, pungkasnya.

 

Dalam kegiatan ini juga dilaksanakan aksi pemberian makanan tambahan bergizi dan aksi makan telur rebus bagi anak anak Balita.

 

Turut hadir dalam kegiatan ini, perwakilan dari BKKBN provinsi Papua Barat dan Papua Barat Daya, para kader, beberapa pimpinan OPD, mitra kerja pemerintah, ketua DWP, ketua GOW, masyarakat dan para undangan lainnya.  Red

 

 

Exit mobile version