banner 728x250

Pemkab Sorong Miliki Lahan Pertanian Produktif 2.400 Hektar Lebih

banner 120x600
banner 468x60

kegiatan panen perdana Padi

Lensapapua–  Bertempat dikelurahan Maryai SP II Distrik Mariat Kabupaten Sorong, kelompok Tani Insaf gelar panen perdana Padi jenis varietas J,Herang seluas kurang lebih 10 Hektar. Selasa (31/3)

banner 325x300

Kepala dinas Pertanian Kabupaten Sorong Daud Gerson Yable, SP dalam arahannya menyampaikan bahwa, kelompok Tani Insaf yang berada dibawah binaan Pemkab Sorong, hari ini melakukan panen perdana seluas 10 Hektar lebih, yang pada panen perdana ini juga akan dilakukan secara bertahap, mengingat Padi yang ada saat ini secara keseluruhan belum menguning secara merata.

Menurut Gerson, luas lahan produktif yang ada  berkisar 2.400 Hektar lebih, maka jika dianalisa hasil panen yang ada ini belum optimal untuk mencukupi ketersediaan beras bagi kebutuhan masyarakat didaerah ini, sementara untuk gerakan Padi tahun anggaran 2015 ini untuk optimasi 1,000 Hektar, sementara di PPTT 2.500 Hektar, jadi 3.500 Hektar tersebut dua kali Masa Tanam (MT).

 Gerson Yable

Tahun 2014 lalu, kata Gerson, pihaknya sudah membangun Lumbung pangan di wilayah Walal, Makotyamsa, Klasari, Klamalu, dengan harapan hasil panen bisa diolah langsung ditempat dan bisa dijual kepasar, agar harga nya bisa lebih meningkat, mengingat jika para petani menjual Gabah saja maka harga nya sangat dibawah, ujarnya.

Terkait dengan alat-alat mekanisasi yang ada seperti alat tanam, mesin pemotong Padi saat ini ada empat unit yang masing-masing berada pada distrik yang sudah ditentukan, dengan harapan alat tersebut tidak bisa dimiliki oleh satu kelompok, tetapi standbye dalam arti jika ada petani yang membutuhkan bisa pinjam pakai, pihaknya juga mengusulkan hal ini agar bisa ditata secara terus menerus, karena hal ini juga menyangkut dengan upah kerja, jika panen menggunakan tenaga kerja maka upahnya sangat mahal, kemudian juga tenaga petani selaku pelaku usaha sudah menurun dikarenakan para petani yang ada disini sudah lanjut usia, secara keseluruhan semua ini adalah bantuan dari pemerintah pusat melalui dana DAK dan didampingi dengan APBD. Hal ini akan menjadi satu konsen bagi kami, dengan harapan ditahun 2016 sebelum masa purna bhaktinya semua ini sudah bisa terpenuhi,  kata Gerson. (Red)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.