Papua Barat Daerah Pertama Perayaan Puncak Peringatan Hardiknas di Luar Jakarta

Group Tari gabungan R4

Lensapapua– Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Mohammad Nuh,  mengemukakan pada puncak peringatan Hardiknas yang berlangsung di Kabupaten Sorong, Papua Barat merupakan pertama kalinya dilaksanakan di luar Jakarta, ujarnya di Aimas, Sabtu (10/5).

“Ini artinya tidak lain adalah kali ini kami memberikan penghargaan setinggi-tingginya  kepada pemerintah dan lapisan masyarakat di Papua Barat dan Papua yang telah bekerja keras dan sungguh-sungguh dalam memberikan layanan pendidikan yang terbaik  bagi seluruh anak bangsa,”ujarnya.

Kemajuan pendidikan di belahan dunia Papua sudah dapat  merasakan hasilnya dan sungguh menggembirakan. Meskipun kita harus berjuang keras  untuk terus meningkatkannya, baik dari  BUMN maupun swasta.

Dalam kesempatan yang baik ini, saya atas nama pemerintah menyampaikan ucapan selamat Hari Pendidikan Nasional tahun 2014. Karena yang dipilih pada puncak Hardiknas  tahun 2014 adalah pendidikan untuk bangsa Indonesia, kata Mendikbud.

“Saya ingatkan kepada kita bahwa pendikan hanya dapat  menyelesaikan atau menjawab persoalan-persoalan yang sifatnya sangat teknis semata, tetapi  melainkan lebih jauh dari itu bahwa pendidikan pada hakikatnya adalah upaya memanusiakan manusia untuk membangun peradaban Indonesia,” jelas Mohammad Nuh.

Dijelaskan,  dalam dunia pendidikan ada dua hal yang sangat mendasar, yakni yang pertama untuk mendapatkan akses layanan pendidikan dimana aspek tersebut sangat dipengaruhi oleh ketersediaan dan keterjangkauan.

Beberapa kebijakan  untuk pendidikan dasar dan menengah, bantuan siswa miskin, pengiriman guru ke daerah terpencil  dan tertinggal melalui SM3T maupun sekolah berpola asrama merupakan bagian  dan upaya untuk meningkatkan akses  secara eksklusif.

“Khusus untuk program SM3T di Papua  maupun di provinsi yang lain telah menunjukkan hasil yang sangat membanggakan dan menggembirakan. Olehnya itu, kami ucapkan terima kasih  kepada anak-anak SM3T  maupun para bupati maupun walikota atas kerjasama untuk menyukseskan program ini,” bebernya. (rim/Red)

 

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.