Panwas Kabupaten Sorong Gelar Rakor Stakeholder Pengawasan Partisipatif

Petrus M. Aitrem. S.An. ketua Panwaslu Kab Sorong
Petrus M. Aitrem. S.An. ketua Panwaslu Kab Sorong

Lensapapua– Ketua Panwaslu Kabupaten Sorong, Petrus Marselus Aitrem, S.An., mengatakan kegiatan yang dilakukan hari ini terkait dengan rapat koordinasi stakeholders dalam rangka pengawasan partisipatif dalam rangka pemilihan pasangan Gubernur Papua Barat dan pasang Bupati Sorong tahun 2017, ujarnya, Sabtu (28/1).

Kegiatan ini mengundang Panwaslu ( panitia pengawas Pemilu), Komisi Pemilihan Umum, Polres  maupun Pemda setempat dalam rangka kesiapan menjelang pelaksanaan Pilkada Februari mendatang.

Berikutnya yang lebih penting lagi, yakni mengajak semua stakeholders (tokoh-tokoh) yang ada secara bersama untuk mengawasi Pemilu, ujar Petrus.

“Memang secara institusi itu adalah tugas Panwas Pemilu. Namun jumlah personel kami yang ada sangat terbatas bila dibanding dengan jumlah pemilih di Kabupaten Sorong sekitar 85 ribu orang lebih,” akunya.

Dengan adanya keterbatasan itu, sambung Petrus kami juga mengundang akademisi,
tokoh masyarakat, Parpol, pemilih pemula untuk secara bersama- sama mengawasi pesta demokrasi ini agar bisa berjalan lancar dan sukses serta sesuai aturan yang berlaku.

Saat ini ada  tiga laporan sudah kami tindaklanjuti. Namun di dalam laporan itu
sendiri tidak memenuhi unsur pidana.

Begitu pula terakhir kemarin ada laporan terkait pencemaran nama baik pasangan kandidat nomor urut 1. itupun kami sudah kaji sesuai pasal-pasal UU Pemilu dimana kami sudah gelar serta kami sudah kembali ke pelapor, bahwa hal dimaksud bukan suatu pelanggaran Pemilu, tutupnya. (Rim/RED)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.