Pangkoopsau III, Pimpin Upacara HUT TNI AU Ke-75 Di Koopsau III Biak Papua 

 

Lensapapua, Biak – Koopsau III menjadi Pusat Puncak Peringatan HUT TNI Angkatan Udara ke-75 di Wilayah Indonesia Timur, Jumat (9/4). Pangkoopsau III Marsda TNI D.R., Ir. Purwoko Aji Prabowo, M.M., M.D.S. selaku inspektur upacara berlangsung khidmat dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Meskipun di bawah guyuran hujan daras dari langit para prajurit udara tetap menyala semangatnya hingga akhir acara. Berdasarkan Penetapan Pemerintah Nomor : 6/S.D. Tanggal 9 April 1946 Tentara Keamanan Rakyat Jawatan Penerbangan berkembang menjadi Tentara Republik Indonesia Angkatan Udara dan menetapkan Komodor Udara Soerjadi Soerjadarma sebagai Kepala Staf Angkatan Udara pertama. Sejak itu , goresan tinta bersejarah tersebut di tetapkan sebagai Hari Jadi TNI Angkatan Udara.

Selain Kas Koopsau III Marsma TNI Hesly Paat juga turut hadir Pangkosekhanudnas IV Marsma TNI Bonang Bayu Aji, Danyon 468, Para Pejabat Koopsau III , Bupati Biak Hari Aryo Naaf diwakili staf Ahli Bidang dan Pejabat Forkopimda Kabupaten Biak.Selain itu Ketua PIA Ardhya Garini D.III/Koopsau III Ibu Etty Purwoko Aji bersama jajaran pengurusnya juga turut hadir. Sementara itu Para Purnawiran dan Warakawuri juga turut hadir menempati sederetan kursi undangan.

Pangkoopsau III Marsda TNI D.R., Ir. Purwoko Aji Prabowo, M.M., M.D.S saat membacakan amanat Kasau mengatakan, Sejak didirikan 75 tahun yang lalu, TNI Angkatan Udara telah mampu menunjukkan eksistensinya dalam menjaga kedaulatan negara di udara. Dikatakan lebih lanjut, selama masa pengabdian panjang tersebut, TNI Angkatan Udara telah melalui berbagai era, menghadapi berbagai dinamika tantangan global, sekaligus menyesuaikan diri dengan berbagai paradigma yang terus berganti. Kini, saat genap berusia 75 tahun, TNI Angkatan Udara telah berada pada level dan kondisi yang semakin profesional.

“Kita harus optimis, dengan komitmen dan upaya yang kuat dari seluruh unsur, cita cita untuk menjadi TNI Angkatan Udara yang disegani, insya Allah dapat segera terwujud. Selain itu, dalam satu tahun terakhir, bangsa Indonesia telah menghadapi berbagai ujian dan cobaan. Upaya penanggulangan bencana alam maupun non-alam, penanggulangan kelompok kriminal separatis bersenjata, serta dukungan kepada pemerintah dalam mempercepat penanganan COVID-19 dan pemulihan ekonomi nasional, adalah sebagian tugas yang telah dilaksanakan oleh para prajurit Angkatan,” jelasnya .

Upacara Puncak peringatan HUT TNI Angkatan Udara di Koopsau III bertindak sebagai Komandan Upacara Letkol Adm Afri Cahyanto yang diikuti 1 Peleton Perwira menengah, 1 Peleton Perwira Pertama, 1 Peleton Bintara Tamtama Koopsau III, 1 Peleton Bintara Tamtama Kosekhanudnas IV, 1 Peleton Bintara Tamtama Lanud Manuhua dan 1 Peleton Batalyon Komando 468 Sarotama Biak. Usei kegiatan upacara agenda selanjutnya mengikuti acara syukuran dan Kasau menyapa satuan yang berada di perbatasan maupun pulau terluar NKRI.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.