Orang Yang Terdidik Bertanggungjawab Untuk Mendidik

Hardiknas 1

Lensapapua – Mendidik adalah merupakan tanggungjawab dari orang terdidik. Demikian sambutan Mendikbud RI Anies Baswedan, yang disampaikan Wakil Bupati Sorong Suka Hardjono, pada upacara peringatan Hardiknas 2 Mei, yang berlangsung di Aimas.

Oleh karena itu kepada saudara sekalian, peringatan hari pendidikan tahun ini kita mengambil tema,” pendidikan dan kebudayaan sebagai gerakan pencerdasan dan penumbuhan generasi berkarakter Pancasila.

Kata kunci dari tema tersebut adalah “Gerakan Pendidikan”yang  harus dipandang sebagai  kkhtiar kolktif seluruh bangsa. Oleh sebab itu,  kita harus mendorong pendidikan menjadi gerakan semesta, yaitu gerakan yang melibatkan seluruh elemen bangsa, masyarakat merasa memiliki, pemerintah memfalitasi, dunia bisnis peduli, dan Ormas/ LSM mengorganisasi.

 “ Berbeda dengan sekedar  program  perasaan memiliki atas kegiatan  hanya terbatas pada para pelaksana programnya saja.” Generasi berkarakter Pancasila adalah sebuah ikhtiar mengembalikan kesadaran tentang pentingnya karakter Pancasila dalam pendidikan.

Bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta ada rasa  bertanggungjawab.

Peringatan Hari Pendidikan Nasional ini tidak bisa dilepaskan dari sosok Kihadjar Dewantara, yang pada tanggal 2 Mei merupakan hari kelahiran Bapak Pendidikan Indonesia. (rim/Red)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.