banner 728x250

Maknai Peringatan HUT RI Ke-69 Sebagai Bangsa Besar Yang Berdaulat

banner 120x600
banner 468x60

IMG_0593

Lensapapua– Hari ini seluruh rakyat Indonesia memperingati HUT RI 17 Agustus 2014, Sebagai hari kemerdekan Negara Kesatuan Republik Indonesia ke-69.Diperingati oleh Pemkab Sorong di Alun-Alun kota baru Aimas.Minggu 17/8.

banner 325x300

Bupati Sorong Dr.Drs.Stepanus Malak, M,Si. Dalam amanatnya mengatakan bahwa sebagai bangsa yang besar,tentunya kita wajib memperingati HUT RI setiap tahunnya.Sebagaimana para pahlawan kita yang telah gugur dimedan pertempuran demi membela,meraih kemerdekaan kita dari tangan penjajah.

Momentum peringatan hari Kemerdekaan ini, merupakan waktu yang tepat bagi segenap bangsa kita,untuk menyatukan pikiran pada Tuhan Yang Maha Esa,serta melakukan renungan atas apa yang telah sedang dan telah dilakukan untuk mengisi kemerdekaan.Dengan harapan semakin hari semakin menjadikan bangsa yang lebih maju,sejahtera,aman dan bermartabat.Sesuai dengan cita-cita kemerdekaan yang tertuang dalam pembukaan UUD 1945.

Sejarah perjuangan bangsa Indonesia telah terbukti bahwa bangsa Indonesia pernah dijajah selama berabad-abad,sehingga bangsa kita pada masa penjajahan tersebut hidup dalam penindasan serta tidak berdaya,dengan kondisi tersebut akhirnya sengat nasionalisme mulai tumbuh untuk mencapai cita-cita perjuangan kebangsaan yang dipelopori oleh para pemuda yang tumbuh dan menyebar diseluruh pelosok nusantara.Selanjutnya melahirkan satu Tanah air,satu Bangsa dan satu Bahasa.

Dengan demikian saat itulah bangsa Indonesia mencapai tingkat kesadaran,sebagai bagian dari proses sejarah untuk membentuk satu kesatuan Negara RI,sehingga menelurkan solidaritas dan kesadaran,maka proklamasi kemerdekaan RI tersebut segera dikumandangkan.

Untuk mengenang jasa perjuangan para pahlawan pada masalalu,maka peringatan hari proklamasi kali ini,merupakan kelanjutan proses pendewasaan nilai-nilai kebangsaan dan demokrasi.Juga sebagai landasan menuju cita-cita kemerdekaan yang memberi makna pada jati diri sebagai Negara yang berdaulat.

Oleh sebab itu,landasan peringatan HUT RI kali ini,menjadi momentum pembangkit semangat rasa nasionalisme bagi kita semua,untuk mengisi pembangunan disemua aspek kehidupan yang semakin maju.  (Red)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.