KPU Gelar Rapat Bersama PPD se-Kabupaten Sorong

Lensapapua–   Bertempat dihotel Aquarius Aimas Kabupaten Sorong, KPUD bersama panitia pemilihan distrik/PPD sekabupaten Sorong gelar rapat dalam Rangka pendistribusian logistik pemilihan gubernur dan wakil gubernur provinsi Papua Barat serta bupati dan wakil bupati Kabupaten Sorong tahun 2017. Jumat (03/2)

Ketua KPUD Kabupaten Sorong Marthinus.A.Nasarany,SH., dalam arahan nya menghimbau agar dalam pelaksanaan tugas dapat bekerja secara jujur dalam pelaksanaan pilkada yang puncaknya akan dilaksanakan pada tanggal 15 Pebruari 2017.

Selaku ketua KPU menegaskan kepada PPD untuk pelaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sebagai panitia di masing masing distrik dan jangan sekali-kali bermain uang dan lain lain. Karena apa yang menjadi laporan PPD kepada KPU akan segera kami tindak lanjuti agar tidak ada permasalahan pada saat pelaksanaan pilkada nantinya.

Mari kita bekerjasama dengan baik agar pelaksanaan tahapan serta pesta demokrasi pada Tanggal 15 pebruari 2017 bisa berjalan dengan baik dan sukses. ujar marthinus.

Sementara masing-masing PPD menyampaikan laporannya kepada KPU Kabupaten Sorong menyangkut persoalan kesiapan pilkada di masing masing distrik.
Distrik Makbon : Menyampaikan masalah DPT, dimana masih ditemukan DPT ganda seperti yang pindah tempat tinggal /Domisili
Logistik : Tidak ada permasalahan.

Distrik Beraur : KPPS tidak ada persoalan – Laporan keuangan lengkap – Logistik tidak ada masalah.

Distrik Salawati : Tidak ada kendala
Distrik Seget : Tidak ada masalah hanya butuh personil pengamanan diperbanyak mengingat kejadian pilkada tahun lalu banyak teror pada saat rekapitulasi suara.

Distrik Aimas : Distrik Aimas dibutuhkan personil pengamanan yang ekstra, untuk DPT dan lain lain tidak ada masalah
Distrik Klamono : 1 Anggota PPD yang mengundurkan diri dan sudah diganti, untuk permasalahan yang lain lain tidak ada/aman.

Distrik Sayosa : Permasalah TPS yang tidak ada diperkebunan kelapa sawit sehingga PPD akan melakukan mobilisasi massa/pemilih Ke kampung Maladopok dimana pekerja yang dikelapa sawit DPT TPS nya ada Dikampung Maladopok – lain lain aman.

Distrik Saigun : Perlu didukung penambahan personil pengamanan pada saat pelaksanaan pilkada
Distrik Mayamuk :Tidak ada kendala/Aman
Distrik Salawati selatan : Tidak ada kendala hanya untuk pendistribusian logistik harus dibawah tanggal 10 pebruari 2017 dimana cuaca laut yang kurang baik.

Distrik Klabot : PPD Tidak hadir/Absen
Distrik Klawak : Tidak ada masalah/Aman
Distrik Maudus : Kendala situasi jalan yang putus antara Distrik Sayosa dan Maudus serta bila cuaca hujan sulit untuk dilalui,jalur jalan yang rusak -+ 8 kilo meter, hal lain lain aman.

Distrik Mariat : TPS 4 DPT nya masih ada kendala /salah penempatan DPT TPS karena ini akan menimbulkan persoalnya pada saat pencoblosan, penambahan personil pengamanan diperkuat Dikampung kasih KM 26.

Distrik Klayili : Penambahan personil keamanan mengingat pilkada tahun yang lalu tempat ini mengalami keributan – kendala yang lain tidak ada /aman.
Distrik Klaso : Pendistribusian logistik lewat darat dan 2 kampung lewat laut – perlu dukungan tambahan personil pengamanan.

Distrik Sorong : Tambahan personil pengamanan,Kendala yang lain nihil/Aman
Distrik Bagun : Tidak ada kendala
Distrik Wemak : Tidak ada kendala
Distrik Sunook : Tidak ada kendala.

Distrik Sangkeduk : Kami butuh penambahan personil pengamanan dimana jarak tempuh jalan darat yang cukup sulit dikarenakan faktor cuaca/hujan.

Distrik Malabotom : Kami meminta penambahan personil pengamanan pada saat kegiatan pilkada – Lain lain nihil.
Distrik Konhir : Tidak ada kendala
Disrtik Klasafet : Ada beberapa nama DPT yang akan direvisi, Penambahan personil pengamanan karena lokasi TPS dilokasi perkebunan kelapa sawait sehingga membutuhkan transportasi untuk mobilisasi pemilih.

Distrik Hobar : Ada DPT yang pindah alamat dari 1 kampung ke kampung yang lain sehingga akan dibuatkan berita acara untuk pergeseran DPT tersebut agar tidak menjadi permasalahan pada saat pencoblosan.

Distrik Salawati Tengah : Tidak ada kendala.
Distrik Botain : Penambahan personil pengamanan didistrik Botain dan kendala jalur sungai dan laut/Cuaca.
Distrik Sayosa Timur : Penambahan personil pengamanan, yang lain nihil
Distrik Klabot : Tidak ada kendala/Nihil
Distrik Moisegen : Tidak ada kendala /Nihil
Distrik BUK : Tidak ada /Nihil.

Sementara Leonard Klaibin bidang logistik KPU Kabupaten Sorong dalam penyampaiannya mengatakan, Untuk pemilih yang ada di DPT TPS dia berhak memilih dan sebaliknya apabila ada pemilih tidak berdomisili di tempat TPS tersebut dia tidak boleh memilih ditempat tersebut sekalipun dia mempunyai KTP.

Mari kita bekerjasama agar pelaksanaan pilkada ini bisa berjalan dengan baik dan sukses. Dan khusus untuk formulir C6 kita akan adakan simulasi di masing masing KPPS agar masyarakat mengerti dalam pencoblosan.

Daftar hadir juga akan dicek untuk semua DPT sehingga dapat dicek agar tidak terjadi hal hal dilapangan/di TPS pada saat pencoblosan.

Pendistribusian logistik akan dikawal oleh pihak Polres Sorong. Formulir C6 (Surat pemberitahuan) akan kita distribusikan mulai tanggal 6 pebruari 2017. Dan seragam PPD sudah Kami siapkan sehingga petugas PPD dilapangan bisa seragam.

Barnike Susana Kalami,SE Bidang Data KPU kabupaten Sorong mengatakan, Masih adanya DPT yang mempunyai permasalahan sehingga kita akan evaluasi kembali sebelum pencoblosan.

Bagi Pemilih yang ada bisa memilih dengan KTP elektronik.Untuk formulir Ac sudah kita data dan pemilih yang sudah didata sudah kita laporkan ke KPU-RI agar pada saat pencoblosan bisa memilih sehingga tidak terjadi hal hal yang tidak kita inginkan. kata Bernike.

Divisi hukum KPU Kabupaten Sorong, Puji Rustanto,ST., dalam penyampaiannya mengatakan, Kepada PPD dan PPS harus membuat rencana dan berita acara penyerahan rekapitulasi suara agar tidak menimbulakn hal hal yang kita tidak inginkan.

Mari kita bekerjasama dengan baik dengan tujuan untuk mensukseskan pilkada 2017. Situasi dan permasalahan sekecil apa pun harus dicatat dan diinformasikan agar KPU biasa mengambil suatu sikap dan langkah. ujarnya.

Anggota KPPS masih ada yang masuk dalam team pemenangan sehingga ini akan mempengaruhi kerja penyelengara pilkada.

KPUD Kabupaten Sorong akan berkoordinasi dengan pemerintah daerah Kabupaten Sorong dan kapolres untuk ke keadaan sarana jalan yang ada di masing masing distrik yang sulit untuk dilalui karena cuaca/curah hujan yang cukup tinggi sehingga membuat jalan rusak dan sulit untuk dilalui.

Perlunya dukungan personil keamanan dimasing masing distrik pada saat sebelum dan sesudah rekapitulasi suara karena tidak menutup kemungkinan akan terjadi aksi yang tidak diingikan. RED

 

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.