KPE Memberikan Manfaat Multi Guna Bagi PNS

IMG_1909

Lensapapua – Peluncuran kartu PNS elektronik (KPE) bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan pegawai negeri sipil (PNS), agar mereka mampu mewujudkan profesionalisme dalam tugas dan tanggungjawabnya masing-masing. Demikian amanat Bupati Sorong, yang dibacakan oleh Wakil Bupati Suka Hardjono S.Sos M.Si, pada acara launching KPE, yang berlangsung di Aula Bappeda Kabupaten Sorong, Selasa 3/12.

PNS Sebagai aparatur pemerintah yang berhasil memikul tugas dan tanggung jawab dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat, perlu diperhatikan kesejahteraan baik pribadi maupun anggota keluarganya.

Tugas dan tanggung jawab sebagai PNS akan berdayaguna jika secara menyeluruh dan konsisten mendapat dukungan layanan kepegawaian yang bermanfaat dengan dilaksakan secara konfrehensif dan terpadu, sehingga PNS  dan keluarganya merasa lebih mendapatkan perhatian,” Ujarnya.

Untuk itulah Badan Kepegawaian Daerah (BKD), yang melaksanakan tugas manajemen bidang kepegawaian  negara sebagaimana diamanatkan dalam UU Nomor 43 Tahun 1999 tentang Pokok-Pokok Kepegawaian, mempunyai peran penting untuk meningkatkan  kinerja PNS dalam menjalankan tugas  pemerintahan dan pembangunan.

Salah satu tugas yang telah dilaksanakan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN)  terhadap PNS  adalah pembuatan KPE yang telah ditetapkan dalam peraturan Kepala BKN Nomor 7 Tahun 2008. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja PNS dalam pelayanan di bidang kepegawaian.

Mengingat kartu pegawai (Karpeg) yang berlaku selama ini  belum memberikan manfaat penggunaannya secara multiguna bagi PNS, para pensiunan, dan keluarganya, maka perlu dibangun sistem pelayanan yang  lebih efisien dengan memanfaatkan teknologi informasi  seperti KPE ini.

Penggunaan KPE atau Smart Card ini atau otentifikasi, untuk itu fungsi KPE selain  sebagai identitas data kepegawaian, dapat juga digunakan untuk layanan perbankan, seperti kegiatan Taspen, Askes, Bapertarum dan fungsi-fungsi lainnya, dalam meningkatkan kesejahteraan dan mendukung profesionalisme PNS yang lebih baik lagi.

Dengan adanya layanan  BKN melalui KPE saya selaku pemerintah daerah menyambut baik dan berharap agar para PNS dapat memanfaatkan sebaik mungkin, dan layanan yang diberikan oleh KPE sehingga dapat membantu para PNS dalam melakukan aktifitas sehari-hari yang nantinya akan bermuara pada peningkatan kinerja PNS yang lebih handal.

Mewakili pemerintah daerah saya memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada PT.Askes,PT.Sucopindo, dan Bank Papua yang turut berpartisipasi dalam memberikan pelayanan kepada para PNS melalui KPE ini. Ujar Wakil Bupati. (Red)

 

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.