Komoditas Pertanian Terbesar di Kawasan Timur Indonesia , Ini Kata Presiden RI Joko Widodo

Presiden RI. Joko Widodo

Lensapapua  – Presiden RI Joko Widodo mengatakan, Papua Barat merupakan salah satu provinsi yang memiliki komoditas pertanian terbesar di kawasan timur Indonesia.

 

Untuk, mendukung upaya tersebut, kata orang nomor satu di Indonesia, di mana di Papua Barat memiliki 11 ribu hectare tanaman jagung, serta 7 juta hektare tanaman pertanian dan hortikulutra.

 

“Namun, memang termanfaatkan maksimal hanya 33% dari luasan lahan yang ada, jelas Presiden Jokowi, saat melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Sorong, Senin (4/10-2021), didampingi Ketua DPR-RI Puan Maharani, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan, serta Bupati Sorong Johny Kamuru.

 

Sehubungan dengan itu, tadi saya meminta kepada Menteri Pertanian, Gubernur Papua Barat untuk meningkatkan lagi produktifitas pertanian, baik yang ada di Kabupaten Sorong maupun wilayah provinsi ini pada umumnya untuk meningkatan kapasitas produksi, pinta Presiden Joko Widodo melalui sambutannya.

Selain itu, sambung Presiden Joko Widodo, dimana selama ini sistim tanam setahun sekali, kita harus merubah setahun setidaknya tiga kali panen agar kebutuhan pangan di Tanah Papua bisa terpenuhi.

 

Presiden juga mengajak mulainya petani-petani milenial untuk dijadikan sebagai motor penggerak di sektor pertanian ini. Ada sekitar 800 petani yang sudah dilatih, tapi kita targetkan sampai 2 ribu petani nanti, katanya.

 

Presiden yakin, Menteri Pertanian diberi kepercayaan untuk melatih patani di Papua Barat termasuk juga di seluruh Tanah Air,” kembali Jokowi mengingatkan.

 

Bahkan, dia (Presiden) sudah melihat penggunaan fasilitas pertanian, dan selanjutnya akan diberikan akses sebagai modal usaha.

Presiden RI. Joko Widodo saat menanam jagung di Sp 1 Aimas Kabupaten Sorong

“Termasuk yang paling penting irigasi yang ada di Kabupaten Sorong ini akan diperbaiki oleh Kementerian Pertanian, pinta Joko Widodo di penghujung sambutannya, saat melakukan kunjungan kerja di daerah ini, yakni penanaman jagung, yang berlokasi  di Jalan Tuturuga SP. 1 Kelurahan Klamesen,  Distrik Mariat, Kabupaten Sorong, Papua Barat.

 

Usai, hadiri penanaman jagung di Kabupaten Sorong, Presiden bersama rombongan kembali berkunjung ke Batalyon 762/ Vira Yudha Sakti untuk melihat secara langsung penanganan vaskinasi COVID-19. (rim/red)

 

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.