Kepala SKB Biak, Pimpin Upacara HUT RI Ke-75 di PAUD Handayani Bakribo

Lensapapua, Biak – Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Biak Numfor melaksanakan Upacara Bendera dalam rangka memperingati HUT RI Ke-75 yang dilaksanakan di PAUD Handayani Bakribo Biak Timur,” Senin (17/08/2020).

Upacara ini dipimpin langsung oleh Kepala SKB Biak Numfor, Margaretha Singgamui Spd., diikuti oleh para tutor dan peserta didik, menggunakan pakaian adat nusantara dengan tetap mengutamakan protokol kesehatan pencegahan covid-19.

Dalam Amanat Upacara, Kepala SKB Biak, mengatakan perayaan HUT Kemerdekaan RI Ke-75 ini dilaksanakan untuk memandang sejarah dan mengapresiasi perjalanan panjang para pejuang kemerdekaan yang telah membawa bangsa Indonesia sampai dengan saat sekarang.

“Tepat 75 tahun yang lalu, lagu kebangsaan menggetarkan pengibaran bendera pusaka di langit biru Ibu Pertiwi sebagai penanda lahirnya Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ujarnya.

Negara kepulauan dengan jumlah penduduk terbesar ke-4 di dunia yang terbentang di sepanjang Khatulistiwa dengan keragaman etnis budaya, bahasa, flora dan fauna yang tersebar di 17.000 pulau yang dipersatukan oleh kesadaran mewujudkan cita-cita bersama.

“Tema perayaan HUT ke 75 tahun kemerdekaan kali ini adalah “SDM unggul Indonesia maju. Presiden Jokowi menjadikan pembangunan sumber daya manusia yang berkelanjutan sebagai fokus penggunaan anggaran negara di tahun 2020 ini. Ia menekankan bahwa negara harus hadir dalam upaya pembangunan SDM Indonesia agar memiliki daya saing dalam persaingan Global,” lanjutnya.

Margaretha menambahkan, bahwa untuk menunjang pembangunan maupun peningkatan SDM tersebut, Kepala Negara berpandangan bahwa diperlukan pula sistem pendidikan dan pelatihan nasional yang ada adaptif dengan perkembangan zaman. Maka reformasi menyeluruh dalam hal tersebut sudah saatnya dilakukan.

“Dengan memperingati HUT Kemerdekaan RI ini, saya berharap semoga kalian semua dapat lebih meningkatkan lagi jiwa patriotisme dan nasionalisme kepada tanah air tercinta dan lebih Meningkatkan semangat untuk belajar lebih rajin lagi, Agar kalian semua bisa menjadi generasi yang membuat negara tercinta kita ini bangga dan berjaya,” tuturnya,

Ia menekankan bahwa semangat nasionalisme itu sangatlah penting, apalagi di kalangan pelajar. Karena jiwa nasionalisme dapat membentuk kesadaran dan kesetiaan terhadap bangsa dan negara tanpa memandang suku, ras, dan agama. Dengan adanya nasionalisme dapat menjalin kerukunan antar sesama sehingga pembangunan negara ini dapat berjalan dengan lancar dan sesuai harapan bersama.

“Bung Karno, Bung Hatta dan para Perintis Kemerdekaan itu adalah anak-anak muda terdidik mereka menggunakan keterdidikan nya untuk mendorong kemajuan bangsa, kalian anak-anak muda juga, kalian terdidik juga dan Kalian juga punya kesempatan yang sama untuk menorehkan sejarah di Republik ini. Belajarlah dengan keras, tuntas, dan sepenuh hati,” imbuhnya.

“Di antara kalian nantinya ada yang akan menjadi guru, sastrawan, budayawan, wartawan, pengusaha, dosen, musisi, dokter, Insinyur, Hakim bahkan presiden atau peran-peran lain yang mungkin hari ini belum terbayangkan dan bahkan belum ada. Semuanya itu dimulai dari kerja keras di hari-hari ini dari bangku kelas ini, dan dari kerja Tuntas di sekolah ini,” Lanjut Margaretha.

Dengan harapan  melalui perjuangan gemilang menuju ke kemerdekaan 1945 dan perjalanan Republik selama 75 tahun, anak-anak bisa mengambil hikmah dari sejarah, sehingga Kedepan anak-anak lah yang berikutnya akan membuat sejarah.

“Kalian adalah pemilik masa depan jangan menunggu tapi tempalah kepribadianmu, kembangkan prestasimu, jalin persahabatan dengan teman-temanmu, hormatilah orang tuamu dan gurumu jadi kan mereka suluh hidupmu. Hari ini kalian merayakan 75 tahun Indonesia merdeka, harap di camkan baik-baik Bahwa saat Indonesia merayakan 101 tahun kemerdekaan maka kalian lah yang akan memimpin dan mengelola perjalanan bangsa ini. Bergegaslah, bersiaplah dari sekarang. Bawalah Indonesia kita ini ke puncak puncak kecemerlangan baru. Selamat belajar, Selamat berkarya, selamat bekerja keras dan salam hormat untuk semuanya,” pungkas Kepala SKB Biak Numfor.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.