banner 728x250

Kemendagri Gelar Bimtek Bagi Sekretaris Desa Dilingkungan Pemkab Sorong, Raja Ampat Dan Sorong Selatan

banner 120x600
banner 468x60

_MG_0168

Lensapapua–  Kegiatan Bimbingan teknis (Bimtek) bagi sekretaris kampung dilingkungan pemerintahan Kabupaten Sorong, Raja Ampat dan Kabupaten Sorong Selatan, resmi dibuka oleh Wakil Bupati Sorong, Suko Hardjono, S,Sos.M,Si. Selasa (04/11) Dihotel Mariat Kota Sorong.

banner 325x300

Kegiatan ini dikhususkan bagi seluruh penyelenggara pemerintahan desa dalam rangka pemantapan tugas pokok masing-masing (Tupoksi) sekretaris desa pegawai negeri sipil (PNS) di 7 Regional tahun anggaran 2014, digelar oleh Kementerian dalam negeri melalui direktur pemerintahan desa kelurahan Ditjen PMD Kemendagri, difasilitasi oleh bagian pembinaan Otonomi kampung Setda provinsi Papua Barat.

Dalam sambutan Bupati Sorong yang dibacakan oleh Wakil Bupati menyampaikan bahwa, pada hakekatnya pembangunan dilaksanakan untuk mengupayakan perubahan hidup masyarakat dari kondisi yang baik menjadi lebih baik, maju dan sejahtera, namun tujuan pembangunan sering kali tidak sesuai dengan apa yang diharapkan, karena terkadang hasil nya berdampak negatif bagi masyarakat, walaupun harus diakui bahwa pembangunan banyak memberikan  kontribusi positif bagi masyarakat.

Paradigma baru pembangunan yang berpusat pada rakyat (People Centered Development) merupaka konsep pembangunan yang menempatkan masyarakat sebagai pusat perhatian dan sasaran sekaligus pelaku utama pembangunan itu sendiri, jelas Wakil Bupati.

Hal ini sejalan dengan konsep pembangunan di Kabupaten Sorong yang salah satunya pembangunan dari sumber daya manusianya, dimana sekretaris kampung sebagai ujung tombak dalam pelayanan secara langsung berhubungan dengan masyarakat, mempunyai fungsi sebagai pelaksana teknis administrasi pemerintahan dalam kemasyarakatan haruslah memiliki kemampuan yang lebih baik lagi, agar proses pelayanan bisa membawa dampak yang baik bagi kualitas hidup masyarakat kampung.

Dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, tentunya tidak terlepas dari urusan administrasi yang digunakan untuk menyusun dan melaksanakan kebijakan dan program pembangunan baik dari pemerintahan kampung, distrik, kabupaten maupun pemerintah pusat, olehnya itu sekretaris kampung dituntut untuk memberikan pelayanan yang baik dan bisa menjamin prinsip-prinsip kesederhanaan prosedur, kejelasan prosedur, keterbukaan informasi, kenyamanan masyarakat, keadilan, efisien dan ekonomis, katanya.

Dengan demikian,  pemerintah daerah Kabupaten Sorong menyambut baik dan mengapresiasi pelaksanaan kegiatan Bimtek ini, dengan harapan dapat meningkatkan kompetensi dan sumber daya sekretaris kampung dalam memberikan pelayanan administrasi bagi masyarakat, serta berharap agar para peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik, sehingga materi-materi yang disampaikan oleh para instruktur dapat bermanfaat ditempat tugasnya masing-masing, kata Wakil Bupati. (Red)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.