HUT RI Ditengah Pandemi

Lensapapua, Bangsa Indonesia secara resmi memproklamirkan kemerdekaan 75 tahun silam oleh Soekarno-Hatta atas nama Bangsa Indonesia.

Perayaan tahun 2020 terasa sangat berbeda dengan perayaan sebelumnya, dimana kali ini dirayakan ditengah mewabahnya virus corona yang sedang melanda dunia.

Biasanya ramai perlombaan digelar di setiap lingkungan menyongsong hari kemerdekaan Bangsa Indonesia, kini sepi tanpa riuhnya kegembiraan warga.

Hingga pada pelaksanaan upacara bendera dalam rangka peringatan HUT RI ke-75 di Kabupaten Sorong, tampak sangat  berbeda.

Peserta upacara yang biasanya memenuhi lapangan upacara dari berbagai elemen bangsa kini sangat terbatas dengan penerapan pembatasan jarak antar personal dan hanya diwakili dari 3 unsur yakni TNI, POLRI dan Aparatur Sipil Negara (ASN).

Tak hanya itu, jumlah pasukan pengibar bendera pusaka pun dibatasi, tak seperti sebelumnya dengan formasi lengkap, tahun 2020 hanya ada 3 orang paskibraka yang diambil dari personel tahun lalu.

Pacara bendera virtual dalam rangka peringatan HUT RI Ke-75 di Kediaman Bupati Sorong. Dok/red
Pacara bendera virtual dalam rangka peringatan HUT RI Ke-75 di Kediaman Bupati Sorong. Dok/red

Usai pelaksanaan upacara bendera di halaman Kantor Bupati, kegiatan dilanjutkan dengan upacara bendera di Istana Merdeka Jakarta secara virtual dari Kediaman Bupati Sorong.

Tak jauh berbeda, upacara bendera di Jakarta juga tampak sepi dan berlangsung singkat. Namun kondisi tersebut tak mengurangi kekhidmatan upacara yang berlangsung tanpa kendala. red

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.